PELATIHAN METODE PEMBELAJARAN JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI BAGI GURU-GURU DI YAYASAN ATTAQWA VIII KARANG TENGAH, BEKASI

Authors

  • Fatwa Arifah Universitas Negeri Jakarta
  • Muhammad Kamal bin Abdul Hakim Universitas Negeri Jakarta
  • Ahmad Marzuq Universitas Negeri Jakarta
  • Puti Zulharby Universitas Negeri Jakarta

Keywords:

jigsaw, kolaboratif, keterampilan mengajar

Abstract

Abstract

The Jigsaw method is one of the cooperative learning models that can improve collaboration skills. Based on the situation analysis results, it was found that 13.8% of teachers at At-Taqwa VIII Bekasi had not received teacher professionalism training for a long time, and only 24.1% had received training in the past year. So this training activity is essential to 1) Provide understanding and knowledge about the jigsaw method. 2) Provide training to teachers on the jigsaw method. The methods used in this training are workshops and mentoring. The target audience in this community service activity is teachers at the Attaqwa VIII at the Raudatul Athfal, Madrasah Ibtidayah, and Madrasah Tsanawiyah levels. A team of lecturers from the Jakarta State University Arabic Language Education Study Program conducted this training activity. Participants were asked to fill out an activity assessment questionnaire to evaluate this activity. Based on the results of the training participant questionnaire, it is known that 98% of participants stated that this activity increased their insight into the jigwas method, and they expressed satisfaction with this training activity. In addition, 86% of participants stated that this activity was very in line with expectations and very beneficial for them.

 

Abstrak

Metode Jigsaw merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi. Permasalahan yang ditemukan bahwa berdasarkan hasil analisis situasi, diketahui bahwa 13,8% guru di Yayasan At-Taqwa VIII, Karang Tengah, Bekasi, sudah lama tidak mendapatkan pelatihan  profesionalisme guru dan hanya 24,1%  yang mendapatkan pelatihan dalam setahun terakhir. Maka kegiatan pelatihan ini penting dilakukan dengan tujuan untuk: 1)Memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang metode jigsaw dalam pembelajaran; 2)Memberikan pelatihan kepada guru tentang metode jigsaw dalam pembelajaran. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah workshop dan pendampingan. Khalayak sasaran dalam kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah para guru di Yayasan Attaqwa VIII Karang Tengah, Bekasi, pada jenjang Raudatul Athfal, Madrasah Ibtidayah, dan Madrasah Tsanawiyah. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan oleh tim dosen Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Universitas Negeri Jakarta. Untuk evaluasi kegiatan ini, peserta diminta untuk mengisi angket penilaian kegiatan. Berdasarkan nilai rata-rata hasil angket peserta pelatihan, diketahui bahwa  98 % peserta menyatakan kegiatan ini menambah wawasan mereka mengenai metode jigwa dan mereka menyatakan sangat puas atas kegiatan pelatihan ini. Selain itu, 86% peserta menyatakan bahwa kegiatan ini sangat sesuai dengan harapan beserta dan sangat bermanfaat bagi mereka..

Downloads

Published

2023-10-30

How to Cite

Arifah, F., Abdul Hakim, M. K. bin, Marzuq, A., & Zulharby, P. (2023). PELATIHAN METODE PEMBELAJARAN JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI BAGI GURU-GURU DI YAYASAN ATTAQWA VIII KARANG TENGAH, BEKASI. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), SNPPM2023P-303 - SNPPM2023P-315. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm/article/view/39546

Similar Articles

<< < 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.