PENDAMPINGAN PENYUSUNAN RENCANA STRATEGIS (RENSTRA) PERGURUAN TINGGI DI STAI NURUL IMAN PARUNG BOGOR

Authors

  • Suryadi Universitas Negeri Jakarta
  • Anim Purwanto Universitas Negeri Jakarta
  • Eny Engriyani Universitas Negeri Jakarta
  • Willfridus Demetrius Siga Universitas Negeri Jakarta
  • Nurhasan Universitas Negeri Jakarta
  • Husein Sutisna Universitas Negeri Jakarta
  • Fitriyani Universitas Negeri Jakarta

Keywords:

pendampingan, penyusunan rencana strategis, perguruan tinggi, kampus merdeka

Abstract

Abstract

The activity of compiling RENSTRA, especially in study programs, has not been carried out optimally until now. In fact, curriculum management in the industrial era 4.0 is very important to support the implementation of the independent campus program. One effort that can be made is to provide training and assistance. This activity aims to improve the skills and knowledge of the head of the study program and lecturers in compiling RENSTRA at STAI Nurul Iman Parung Bogor. The method used is descriptive qualitative with work meetings, compiling renstra, presentations and field visits. The results of the activity show that the improvement of the ability of study programs and lecturers in implementing the preparation of RENSTRA through (1) providing training and assistance in accordance with the vision and mission of the institution; (2) cooperation between lecturers, students, and stakeholders; and (3) conducting evaluations. Meanwhile, the knowledge and skills they need are (1) analytical skills to analyze data and information; (2) good communication skills to collaborate; (3) knowledge of strategic management in accordance with the vision and mission of the institution; and (4) evaluative skills. With the assistance in compiling RENSTRA, it is hoped that the independent campus program will be realized.

Keywords: mentoring, strategic planning, higher education, independent campus

 

Abstrak

Kegiatan penyusunan RENSTRA khususnya pada program studi sampai saat ini masih belum dilakukan secara maksimal. Padahal manajemen kurikulum di era industri 4.0 sangat penting untuk mendukung terlaksananya program kampus merdeka. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah diberikan pelatihan dan pendampingan. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan ketua program studi dan dosen dalam penyusunan RENSTRA di STAI Nurul Iman Parung Bogor.  Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan rapat kerja, penyusunan renstra, presentasi dan visitasi lapangan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan program studi dan dosen dalam melaksanakan penyusunan RENSTRA melalui (1) memberikan pelatihan dan pendampingan yang sesuai dengan visi dan misi lembaga; (2) kerjasama antara dosen, mahasiswa, dan stakeholder; dan (3) melakukan evaluasi. Sedangkan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan mereka yaitu (1) keterampilan analitis untuk menganalisis data dan informasi; (2) keterampilan komunikatif yang baik untuk berkolaborasi; (3) pengetahuan tentang manajemen strategis yang sesuai dengan visi dan misi lembaga; dan (4) keterampilan evaluatif. Dengan adanya pendampingan penyusunan RENSTRA  ini, diharapkan program kampus merdeka akan terealisasi.

Kata Kunci: pendampingan; penyusunan rencana strategis; perguruan tinggi; kampus merdeka

 

Downloads

Published

2024-11-15

How to Cite

Suryadi, Anim Purwanto, Eny Engriyani, Willfridus Demetrius Siga, Nurhasan, Husein Sutisna, & Fitriyani. (2024). PENDAMPINGAN PENYUSUNAN RENCANA STRATEGIS (RENSTRA) PERGURUAN TINGGI DI STAI NURUL IMAN PARUNG BOGOR . Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), SNPPM2024P206-SNPPM2024P216. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm/article/view/49465

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.