PENDAMPINGAN WORKSHOP DESAIN KEMASAN DAN FOTOGRAFI PRODUK BAGI PELAKU WIRAUSAHA “UMKM PINTER”

Authors

  • Sita Yuliastuti Amijaya Universitas Kristen Duta Wacana
  • Yordan Kristanto Dewangga Universitas Kristen Duta Wacana
  • Wiyatiningsih Universitas Kristen Duta Wacana
  • Vinsa Cantya Universitas Kristen Duta Wacana

Keywords:

packaging design, product photography, social media, micro, mall and medium enterprises (MSME), workshop, desain kemasan, fotografi produk, media sosial, UMKM

Abstract

Abstract

Eye-catching product packaging is a great way to attract potential buyers. Packaging with good aesthetic  value represents the expectations of potential buyers and reflects consumers' expectations for a product's  contents. The design must convey the idea of the product maker to consumers. This product packaging  design workshop is tailored to the needs of Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs) "Pinter"  members in the Brayut Parish area, Pandowoharjo Village, Sleman, DIY. The workshop aims to provide  additional knowledge about effective, targeted, and 'selling' product packaging design to boost the selling  power of Pinter MSME entrepreneurs' products. The participants include entrepreneurs in the culinary and  food product fields, such as catering, snacks or klethikan, herbal tea products, and craft producers in the  form of batik. The workshop includes providing materials by resource persons, followed by training or  workshops through direct practice in planning packaging designs and photographing products using each  participant's smartphone. The workshop results showed an increase in participants' knowledge of applying  design techniques to their product packaging. Additionally, participants can now display their products  through good and attractive photo results to promote them through trending social media platforms.

Keywords: packaging design, product photography, social media, micro, small and medium enterprises (MSME), workshop

Abstrak  

Kemasan produk yang menarik merupakan salah satu cara jitu untuk menarik minat calon pembeli. Sebuah  kemasan atau packaging produk dengan nilai estetika yang bagus akan mewakili harapan dari calon pembeli  terhadap produk yang akan dibelinya. Kemasan yang menarik juga mewakili harapan dari konsumen atas  isi atau konten dari sebuah produk. Desain kemasan harus mampu merepresentasikan gagasan si pembuat  produk untuk disampaikan kepada konsumen. Kegiatan workshop desain kemasan produk ini merupakan

tindak lanjut dari kebutuhan pelaku usaha yang tergabung pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) “Pinter” di wilayah Paroki Brayut, Desa Pandowoharjo, Sleman, DIY. Kegiatan ini bertujuan  untuk memberikan pengetahuan tambahan tentang desain kemasan produk yang baik, tepat sasaran dan  ‘menjual’ serta untuk meningkatkan daya jual hasil produksi para pelaku wirausaha UMKM Pinter. Para  pelaku wirausaha banyak berkecimpung pada bidang kuliner dan produk makanan seperti: katering, snack jajanan atau klethikan, produk teh herbal, juga pelaku produksi kerajinan berupa batik. Metode yang  digunakan dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah pemberian materi oleh  narasumber dengan dilanjutkan pelatihan atau workshop melalui praktik langsung merencanakan desain

kemasan dan praktik memotret produk menggunakan smartphone masing-masing peserta. Hasil workshop menunjukkan peningkatan pengetahuan para peserta dalam menerapkan teknik-teknik desain pada kemasan  produk mereka. Selain memahami prinsip dasar kemasan produk, peserta dapat menampilkan produk  mereka melalui hasil foto yang bagus dan menarik untuk melakukan promosi melalui media sosial yang sedang tren pada masa kini. 

Kata Kunci: desain kemasan, fotografi produk, media sosial, UMKM, workshop

 

 

Downloads

Published

2024-11-15

How to Cite

Sita Yuliastuti Amijaya, Yordan Kristanto Dewangga, Wiyatiningsih, & Vinsa Cantya. (2024). PENDAMPINGAN WORKSHOP DESAIN KEMASAN DAN FOTOGRAFI PRODUK BAGI PELAKU WIRAUSAHA “UMKM PINTER” . Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), SNPPM2024EK32 -SNPPM2024EK44. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm/article/view/50266

Most read articles by the same author(s)