PEMANFAATAN SCHOOLOGY SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN DARING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Authors

  • Andi Saparuddin Nur Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Schoology; Pembelajaran Daring; Matematika

Abstract

Perkembangan teknologi di era disruptif mengharuskan guru mengupayakan pembelajaran yang lebih fleksibel dan dinamis dengan menggunakan platform pengajaran bersifat inovatif, diantaranya pembelajaran jarak jauh (daring). Terdapat banyak pilihan platform pembelajaran berbasis daring yang dapat dimanfaatkan oleh guru, diantaranya  adalah schoology. Schoology merupakan sistem manejemen pembelajaran yang memungkinkan guru berinteraksi dengan siswa melalui berbagai fitur menarik. Guru dapat menampilkan materi ajar, diskusi melalui tanya jawab, dan pengumpulan tugas. Pembelajaran daring memungkinkan guru tetap melaksanakan tugas mengajar meskipun dalam batasan jarak dan waktu. Pembelajaran daring sangat besar manfaatnya pada situasi yang tidak memungkinkan interaksi langsung antara guru dan siswa seperti pada masa pandemi atau situasi darurat lainnya. Matematika sebagai pelajaran yang membutuhkan berbagai ilustrasi grafis, diagram, dan visualisasi sangat cocok untuk diterapkan menggunakan pembelajaran daring seperti schoology. Guru dapat membantu siswa memahami berbagai konsep matematika dengan memanfaatkan berbagai fitur pembelajaran yang disediakan oleh schoology. Forum diskusi yang tersedia pada schoology memungkinkan komunikasi antara guru dan siswa menjadi lebih interaktif disebabkan platformnya yang mirip dengan media sosial. Pemanfaatan media digital seperti platform pembelajaran schoology merupakan hal yang tidak dapat terhindarkan dan memerlukan upaya bersama untuk mendukung pembelajaran daring menjadi lebih universal dan dapat dilaksanakan di seluruh penjuru negeri.

Downloads

Published

2020-08-26