Peran Instagram @p2ptmkemenkesri Sebagai Media Kampanye Kesehatan
DOI:
https://doi.org/10.21009/Communications.2.1.1Keywords:
Media Kampanye, Kesehatan, InstagramAbstract
Teknologi memegang peranan penting dalam mendukung kelancaran proses komunikasi untuk setiap individu. Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM) Kemenkes RI memanfaatkan hal tersebut dengan menjadikan platform Instagram sebagai media penyebar informasi mengenai kesehatan kepada masyarakat. Mereka membuat akun Instagram bernama @p2ptmkemenkesri. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu mengetahui bagaimana Peran Instagram @P2ptkemenkesri Sebagai Media Kampanye Kesehatan. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini yaitu untuk menganalisis dan mengetahui bagaimana Peran Instagram @P2ptkemenkesri Sebagai Media Kampanye Kesehatan. Penelitian ini mengunakan Teori Elaboration Likelihood yang hanya akan memfokuskan pada satu dimensi nya saja yaitu Strong Arguments. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa informasi yang diberikan akun Instagram @p2ptmkemenkesri memberikan pengaruh terhadap peningkatan pengetahuan mengenai kesehatan pada pengikut akun Instagram @p2ptmkemenkesri. Hal tersebut dikarenakan kontennya yang konsisten mengenai kesehatan, informasi yang disajikan dapat menarik perhatian, dan membuat pengikut akun Instagram @p2ptmkemenkesri mengetahui informasi mengenai kesehatan
References
Griffin, E.M. 2011. A First Look at Communication Theory.8th edition. Boston:McGraw Hill.
Kasiram, M. 2008. Metodologi Penelitian. Malang: UIN - Malang Pers
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2012. Marketing Management, Edisi 14, New Jersey: Prentice-Hall Published
Littlejohn S, Foss K. 2008. Theories of Human Communication. Belmont: Thomson/ Wadsworth;
Mowen C, Minor J. 2002. Consumer Behavior. New Jersey. Prentice Hall; 2002.
Morissan. 2013. Teori komunikasi: individu hingga massa Jakarta: Kencana.
Patty R, Cacioppo J. 1986. The Elaboration Likelihood Model of Persuasion. Adv Exp Soc Psychol
Rakhmat, Jalaludin. 2009. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.
Sugiyono. 2014 Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta;
Sugiyono 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Journal articles
Choi, S. & Salmon, Charles. 2003. The Elaboration Likelihood Model of Persuasion After Two Decades: A Review of Criticisms and Contributions. Kentucky Journal of Communication.
Dainton, M., & Zelley, E. D. 2011. Applying communication theory for professional life: a practical introduction. 2nd ed. Thousand Oaks, Calif.: SAGE Publications
Levac J. 2016. Social Media and its Use in Health Promotion. Interdisciplinary Journal of Helath Sciences.
Norman C. 2012. Social media and Health Promotion. Glob Health Promotion
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution licensethat allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangementfor the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.
Users/public use of this website will be licensed to CC BY