Peran Instagram @p2ptmkemenkesri Sebagai Media Kampanye Kesehatan

Authors

  • Annisa Sekarwulan
  • Novita
  • Hidayat Purwanto
  • Dini safitri UNJ

DOI:

https://doi.org/10.21009/Communications.2.1.1

Keywords:

Media Kampanye, Kesehatan, Instagram

Abstract

Teknologi memegang peranan penting dalam mendukung kelancaran proses komunikasi untuk setiap individu. Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM) Kemenkes RI memanfaatkan hal tersebut dengan menjadikan platform Instagram sebagai media penyebar informasi mengenai kesehatan kepada masyarakat. Mereka membuat akun Instagram bernama @p2ptmkemenkesri. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu mengetahui bagaimana Peran Instagram @P2ptkemenkesri Sebagai Media Kampanye Kesehatan. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini yaitu untuk menganalisis dan mengetahui bagaimana Peran Instagram @P2ptkemenkesri Sebagai Media Kampanye Kesehatan. Penelitian ini mengunakan Teori Elaboration Likelihood yang hanya akan memfokuskan pada satu dimensi nya saja yaitu Strong Arguments. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa informasi yang diberikan akun Instagram @p2ptmkemenkesri memberikan pengaruh terhadap peningkatan pengetahuan mengenai kesehatan pada pengikut akun Instagram @p2ptmkemenkesri. Hal tersebut dikarenakan kontennya yang konsisten mengenai kesehatan, informasi yang disajikan dapat menarik perhatian, dan membuat pengikut akun Instagram @p2ptmkemenkesri mengetahui informasi mengenai kesehatan

References

Book
Griffin, E.M. 2011. A First Look at Communication Theory.8th edition. Boston:McGraw Hill.
Kasiram, M. 2008. Metodologi Penelitian. Malang: UIN - Malang Pers
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2012. Marketing Management, Edisi 14, New Jersey: Prentice-Hall Published
Littlejohn S, Foss K. 2008. Theories of Human Communication. Belmont: Thomson/ Wadsworth;
Mowen C, Minor J. 2002. Consumer Behavior. New Jersey. Prentice Hall; 2002.
Morissan. 2013. Teori komunikasi: individu hingga massa Jakarta: Kencana.
Patty R, Cacioppo J. 1986. The Elaboration Likelihood Model of Persuasion. Adv Exp Soc Psychol
Rakhmat, Jalaludin. 2009. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.
Sugiyono. 2014 Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta;
Sugiyono 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Journal articles
Choi, S. & Salmon, Charles. 2003. The Elaboration Likelihood Model of Persuasion After Two Decades: A Review of Criticisms and Contributions. Kentucky Journal of Communication.
Dainton, M., & Zelley, E. D. 2011. Applying communication theory for professional life: a practical introduction. 2nd ed. Thousand Oaks, Calif.: SAGE Publications
Levac J. 2016. Social Media and its Use in Health Promotion. Interdisciplinary Journal of Helath Sciences.
Norman C. 2012. Social media and Health Promotion. Glob Health Promotion

Downloads

Published

2020-02-03

How to Cite

Sekarwulan, A. ., Novita, Purwanto, H. ., & safitri, D. (2020). Peran Instagram @p2ptmkemenkesri Sebagai Media Kampanye Kesehatan. Communications, 2(1), 1–15. https://doi.org/10.21009/Communications.2.1.1