Pengaruh Terpaan Dan Efektivitas Konten Youtube Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Subscribers
DOI:
https://doi.org/10.21009/COMMUNICOLOGY.031.02Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Terpaan (X1) dan Efektivitas (X2) konten Youtube terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Subscribers (Y). Terpaan media adalah suatu perilaku seseorang (audiens) dalam menggunakan media dan efektivitas secara umum menunjukan sampai seberapa jauh tercapainya suatu tujuan yang terlebih dahulu ditentukan. Youtube adalah video online dan yang utama dari kegunaan situs ini ialah sebagai media untuk mencari, melihat dan berbagi video yang asli ke dan dari segala penjuru dunia melalui suatu web. Konten yang digunakan dalam penelitian ini adalah konten Youtube Dokter Tirta dan informasi mengenai kesehatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode survey yaitu dengan menyebarkan kuesioner menggunakan skala likert kepada subscribers dari Youtube Channel Dokter Tirta. Teknik pengambilan sampel ditentukan dengan rumus Slovin dengan total sampel sebanyak 400 responden. Teori dalam penelitian ini menggunakan teori Uses and Gratification. Berdasarkan dari hasil analisis penelitian, (1) variabel terpaan berpengaruh signifikan terhadap pemenuhan kebutuhan informasi subscribers, (2) variabel efektivitas berpegaruh signifikan terhadap pemenuhan kebutuhan informasi subscribers, dan (3) variabel terpaan dan efektivitas signifikan terhadap pemenuhan kebutuhan informasi subscribers. Melalui cara memberikan edukasi serta informasi seputar kesehatan yang diberikan oleh Dokter Tirta serta mengikuti perkembangan kesehatan sampai saat ini, sehingga subscribers tertarik memilih konten Youtube Dokter Tirta untuk memenuhi kebutuhan informasinya mengenai kesehatan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution licensethat allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangementfor the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.
Users/public use of this website will be licensed to CC BY