Efek Political Branding Dico Ganinduto Melalui TikTok pada Generasi Z Analisis Strategi Kampanye Digital di Pilgub Jateng 2024
DOI:
https://doi.org/10.21009.COMM.033.08Keywords:
Political branding, Generasi Z, TiktokAbstract
Internet telah membawa perubahan besar dalam komunikasi, khususnya melalui media digital yang menjadi saluran utama untuk mengakses informasi, termasuk di bidang politik. Salah satu platform digital populer adalah TikTok, yang digunakan sebagai strategi political branding untuk menarik dukungan masyarakat, terutama Generasi Z. Penelitian ini mengkaji pengaruh political brandin Dico Ganinduto melalui TikTok terhadap minat Generasi Z dalam Pilgub Jateng 2024 dengan menggunakan teori Elaboration Likelihood Model (ELM). Penelitian ini berparadigma positivisme dengan metode kuantitatif dan pendekatan deskriptif. Sampel diambil secara acak dari 114 pengguna TikTok Generasi Z di Jawa Tengah melalui kuisioner daring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa political branding Dico Ganinduto melalui TikTok berpengaruh signifikan terhadap minat memilih Generasi Z. Route Central (pemrosesan pesan mendalam) memiliki pengaruh kuat (korelasi Pearson 0,775), sementara Route Peripheral (pemrosesan superfisial) berpengaruh lebih lemah (korelasi Pearson 0,579). Generasi Z menunjukkan pemahaman dan respons emosional yang baik terhadap konten TikTok. Kesimpulannya, TikTok memiliki potensi besar untuk menyampaikan pesan politik kepada Generasi Z. Untuk menarik dukungan, diperlukan konten berkualitas tinggi yang informatif dan mendorong pemikiran kritis, karena Generasi Z cenderung kritis dan mempertimbangkan kandidat secara serius.References
Adha, R. N., Qomariah, N., & Hafidzi, A. H. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja, Lingkungan Kerja, Budaya Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dinas Sosial Kabupaten Jember Risky. Jurnal Penelitian Ipteks, 4(1), 47–62. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.32528/ipteks.v4i1.2109
Alifah P. (2022). PENGARUH PESAN KAMPANYE #SEMUAJUGABISA DI INSTAGRAM TERHADAP BRAND IMAGE MS GLOW FOR MEN. 1–27. https://eprints.ums.ac.id/103057/
Annamaria, T. (2011). Z Generacio. Tericum Kiado Kft.
Annur, C. M. (2024). Ada 185 Juta Pengguna Internet di Indonesia pada Januari 2024. Databoks.Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2024/02/27/ada-185-juta-pengguna-internet-di-indonesia-pada-januari-2024#:~:text=Ada 185 Juta Pengguna Internet di Indonesia pada Januari 2024,-Teknologi %26 Telekomunikasi&text=No.&text=Menurut laporan We Are S
Damiati, Masdarini, L., Suriani, M., Adnyawati, N. D. M. S. M., Raka, C. I., Widiartini, K., & Angendari, M. D. (2017). Perilaku konsumen. Rajawali Pers.
Dyatmika T. (2021). PENGARUH TOKOH AGAMA, KOMUNIKASI PERSUASIF, MOTIVASI, DAN KOGNISI MASYARAKAT TERHADAP PELAKSANAAN PROTOKOL KESEHATAN. Darussalam, 8(1), 2549–4171. https://doi.org/https://doi.org/10.30739/darussalam.v13i1.1302
Fanesa, F. A., & Loisa, R. (2022). Pengaruh Konten Media Sosial terhadap Sikap Mencegah Penyebaran Penyakit Menular (Studi pada Instagram @pandemictalks) Pengaruh Konten Media Sosial terhadap Sikap Mencegah Penyebaran Penyakit Menular (Studi pada Instagram @pandemictalks). Koneksi, 6(2), 449–455. https://doi.org/https://doi.org/10.24912/kn.v6i2.15895
Ghozali, I. (2016). Aplikasi analisis multivariete dengan program IBM SPSS 23. Universitas Diponegoro.
Indrawati. (2019). ANALISIS ELABORATION LIKELIHOOD MODEL DALAM KALIMAT PERSUASI KAMPANYE PRESIDEN 2019 DI FACEBOOK Elaboration Analysis of Likelihood Model in Sentence Persuasion Presidential Campaign 2019 on Facebook. Undas, 15(2), 175–186. https://doi.org/https://doi.org/10.26499/und.v15i2.1741
Junaidi. (2010). Tabel R (Koefisien Korelasi Sederhana). Politeknik Elektronika Negri Surabaya. https://prima.lecturer.pens.ac.id/Pasca/tabel_r.pdf
Kasmadi, & Sunariah, N. S. (2014). Panduan modern penelitian kuantitatif. Alfabeta.
Littlejohn, S. W., & Foss, K. A. (2009). Teori komunikasi massa. Salemba Humanika.
Lukum, A. (2019). Pendidikan 4.0 Di Era Ggenerasi Z: Tantangan Dan Solusinya. Pros.Semnas KPK, 2, 13. https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/kpk/article/view/329
Muhamad, N. (2023). KPU: Pemilih Pemilu 2024 Didominasi oleh Kelompok Gen Z dan Milenial. Databoks.Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/07/05/kpu-pemilih-pemilu-2024-didominasi-oleh-kelompok-gen-z-dan-milenial
Munandar, A. (2020). METODOLOGI PENELITIAN KUANTITATIF DAN KUALITATIF. CV MEDIA SAINS INDONESIA. www.medsan.co.id
Norhabiba, F. (2018). Aplikasi Elaboration Likelihood Model Theory dalam Iklan Calon Gubernur 2018 terhadap Perilaku Memilih Fitri. Kanal, 6(2), 101–110. https://doi.org/https://doi.org/10.21070/kanal.v6i2.1932
Nur, E. (2021). PERAN MEDIA MASSA DALAM MENGHADAPI SERBUAN MEDIA ONLINE THE ROLE OF MASS MEDIA IN FACING ONLINE MEDIA ATTACKS. MAJALAH ILMIAH SEMI POPULER KOMUNIKASI MASSA, 2(1), 51–64.
Ramadhan, R., & Sudradjat, H. (2024). Pengaruh Pesan Kampanye “Team Tangan VS Team Sendok” pada Brand Image Rumah Makan Padang Payakumbuah The Influence of the “Team Tangan VS Team Sendok” Campaign Message on The Brand Image of Padang Payakumbuah Restaurant. Jurnal Simbolika, 10(1), 14–22. https://doi.org/10.31289/simbolika.v10i1.10707
Ratnamulyani, & Maksudi. (2018). PERAN MEDIA SOSIAL DALAM PENINGKATAN PARTISIPASI PEMILIH PEMULA DIKALANGAN PELAJAR DI KABUPATEN BOGOR. Sosiohumaniora, 20(2), 154–161. http://nasional.
Sejati, D. W. (2024). Bupati Kendal Dico Ganinduto Akui Diperintah Partai Golkar Maju Pilgub Jateng. Soloraya.Solopos.Com. https://soloraya.solopos.com/bupati-kendal-dico-ganinduto-akui-diperintah-partai-golkar-maju-pilgub-jateng-1828282
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sujarweni, V. W. (2015). SPSS Untuk Penelitian. pustaka baru press.
Venus, A. (2018). Manajemen kampanye : panduan teoretis dan praktis dalam mengefektifkan kampanye komunikasi publik. Simbiosa Rekatama Media.
Wibowo, D. A., & Nasher, A. (2023). Pengaruh Terpaan Akun Instagram @Magdaleneid Dan Motif Penggunaan Terhadap Persepsi Followers. Jurnal Communicology, 11(2), 216–228. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/COMM.1102.04
Widi, S. (2023). TikTok Jadi Medsos Utama Gen Z untuk Cari Informasi pada 2022. Dataindonesia.Id. https://dataindonesia.id/gaya-hidup/detail/tiktok-jadi-medsos-utama-gen-z-untuk-cari-informasi-pada-2022
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Helsa Yoga Hibatullah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution licensethat allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangementfor the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.
Users/public use of this website will be licensed to CC BY