Efek Political Branding Dico Ganinduto Melalui TikTok pada Generasi Z Analisis Strategi Kampanye Digital di Pilgub Jateng 2024

Authors

  • Helsa Yoga Hibatullah
  • Ertika Nanda Universitas Teknologi Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009.COMM.033.08

Keywords:

Political branding, Generasi Z, Tiktok

Abstract

Internet telah membawa perubahan besar dalam komunikasi, khususnya melalui media digital yang menjadi saluran utama untuk mengakses informasi, termasuk di bidang politik. Salah satu platform digital populer adalah TikTok, yang digunakan sebagai strategi political branding untuk menarik dukungan masyarakat, terutama Generasi Z. Penelitian ini mengkaji pengaruh political brandin Dico Ganinduto melalui TikTok terhadap minat Generasi Z dalam Pilgub Jateng 2024 dengan menggunakan teori Elaboration Likelihood Model (ELM). Penelitian ini berparadigma positivisme dengan metode kuantitatif dan pendekatan deskriptif. Sampel diambil secara acak dari 114 pengguna TikTok Generasi Z di Jawa Tengah melalui kuisioner daring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa political branding Dico Ganinduto melalui TikTok berpengaruh signifikan terhadap minat memilih Generasi Z. Route Central (pemrosesan pesan mendalam) memiliki pengaruh kuat (korelasi Pearson 0,775), sementara Route Peripheral (pemrosesan superfisial) berpengaruh lebih lemah (korelasi Pearson 0,579). Generasi Z menunjukkan pemahaman dan respons emosional yang baik terhadap konten TikTok. Kesimpulannya, TikTok memiliki potensi besar untuk menyampaikan pesan politik kepada Generasi Z. Untuk menarik dukungan, diperlukan konten berkualitas tinggi yang informatif dan mendorong pemikiran kritis, karena Generasi Z cenderung kritis dan mempertimbangkan kandidat secara serius.

References

Adha, R. N., Qomariah, N., & Hafidzi, A. H. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja, Lingkungan Kerja, Budaya Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dinas Sosial Kabupaten Jember Risky. Jurnal Penelitian Ipteks, 4(1), 47–62. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.32528/ipteks.v4i1.2109

Alifah P. (2022). PENGARUH PESAN KAMPANYE #SEMUAJUGABISA DI INSTAGRAM TERHADAP BRAND IMAGE MS GLOW FOR MEN. 1–27. https://eprints.ums.ac.id/103057/

Annamaria, T. (2011). Z Generacio. Tericum Kiado Kft.

Annur, C. M. (2024). Ada 185 Juta Pengguna Internet di Indonesia pada Januari 2024. Databoks.Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2024/02/27/ada-185-juta-pengguna-internet-di-indonesia-pada-januari-2024#:~:text=Ada 185 Juta Pengguna Internet di Indonesia pada Januari 2024,-Teknologi %26 Telekomunikasi&text=No.&text=Menurut laporan We Are S

Damiati, Masdarini, L., Suriani, M., Adnyawati, N. D. M. S. M., Raka, C. I., Widiartini, K., & Angendari, M. D. (2017). Perilaku konsumen. Rajawali Pers.

Dyatmika T. (2021). PENGARUH TOKOH AGAMA, KOMUNIKASI PERSUASIF, MOTIVASI, DAN KOGNISI MASYARAKAT TERHADAP PELAKSANAAN PROTOKOL KESEHATAN. Darussalam, 8(1), 2549–4171. https://doi.org/https://doi.org/10.30739/darussalam.v13i1.1302

Fanesa, F. A., & Loisa, R. (2022). Pengaruh Konten Media Sosial terhadap Sikap Mencegah Penyebaran Penyakit Menular (Studi pada Instagram @pandemictalks) Pengaruh Konten Media Sosial terhadap Sikap Mencegah Penyebaran Penyakit Menular (Studi pada Instagram @pandemictalks). Koneksi, 6(2), 449–455. https://doi.org/https://doi.org/10.24912/kn.v6i2.15895

Ghozali, I. (2016). Aplikasi analisis multivariete dengan program IBM SPSS 23. Universitas Diponegoro.

Indrawati. (2019). ANALISIS ELABORATION LIKELIHOOD MODEL DALAM KALIMAT PERSUASI KAMPANYE PRESIDEN 2019 DI FACEBOOK Elaboration Analysis of Likelihood Model in Sentence Persuasion Presidential Campaign 2019 on Facebook. Undas, 15(2), 175–186. https://doi.org/https://doi.org/10.26499/und.v15i2.1741

Junaidi. (2010). Tabel R (Koefisien Korelasi Sederhana). Politeknik Elektronika Negri Surabaya. https://prima.lecturer.pens.ac.id/Pasca/tabel_r.pdf

Kasmadi, & Sunariah, N. S. (2014). Panduan modern penelitian kuantitatif. Alfabeta.

Littlejohn, S. W., & Foss, K. A. (2009). Teori komunikasi massa. Salemba Humanika.

Lukum, A. (2019). Pendidikan 4.0 Di Era Ggenerasi Z: Tantangan Dan Solusinya. Pros.Semnas KPK, 2, 13. https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/kpk/article/view/329

Muhamad, N. (2023). KPU: Pemilih Pemilu 2024 Didominasi oleh Kelompok Gen Z dan Milenial. Databoks.Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/07/05/kpu-pemilih-pemilu-2024-didominasi-oleh-kelompok-gen-z-dan-milenial

Munandar, A. (2020). METODOLOGI PENELITIAN KUANTITATIF DAN KUALITATIF. CV MEDIA SAINS INDONESIA. www.medsan.co.id

Norhabiba, F. (2018). Aplikasi Elaboration Likelihood Model Theory dalam Iklan Calon Gubernur 2018 terhadap Perilaku Memilih Fitri. Kanal, 6(2), 101–110. https://doi.org/https://doi.org/10.21070/kanal.v6i2.1932

Nur, E. (2021). PERAN MEDIA MASSA DALAM MENGHADAPI SERBUAN MEDIA ONLINE THE ROLE OF MASS MEDIA IN FACING ONLINE MEDIA ATTACKS. MAJALAH ILMIAH SEMI POPULER KOMUNIKASI MASSA, 2(1), 51–64.

Ramadhan, R., & Sudradjat, H. (2024). Pengaruh Pesan Kampanye “Team Tangan VS Team Sendok” pada Brand Image Rumah Makan Padang Payakumbuah The Influence of the “Team Tangan VS Team Sendok” Campaign Message on The Brand Image of Padang Payakumbuah Restaurant. Jurnal Simbolika, 10(1), 14–22. https://doi.org/10.31289/simbolika.v10i1.10707

Ratnamulyani, & Maksudi. (2018). PERAN MEDIA SOSIAL DALAM PENINGKATAN PARTISIPASI PEMILIH PEMULA DIKALANGAN PELAJAR DI KABUPATEN BOGOR. Sosiohumaniora, 20(2), 154–161. http://nasional.

Sejati, D. W. (2024). Bupati Kendal Dico Ganinduto Akui Diperintah Partai Golkar Maju Pilgub Jateng. Soloraya.Solopos.Com. https://soloraya.solopos.com/bupati-kendal-dico-ganinduto-akui-diperintah-partai-golkar-maju-pilgub-jateng-1828282

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sujarweni, V. W. (2015). SPSS Untuk Penelitian. pustaka baru press.

Venus, A. (2018). Manajemen kampanye : panduan teoretis dan praktis dalam mengefektifkan kampanye komunikasi publik. Simbiosa Rekatama Media.

Wibowo, D. A., & Nasher, A. (2023). Pengaruh Terpaan Akun Instagram @Magdaleneid Dan Motif Penggunaan Terhadap Persepsi Followers. Jurnal Communicology, 11(2), 216–228. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/COMM.1102.04

Widi, S. (2023). TikTok Jadi Medsos Utama Gen Z untuk Cari Informasi pada 2022. Dataindonesia.Id. https://dataindonesia.id/gaya-hidup/detail/tiktok-jadi-medsos-utama-gen-z-untuk-cari-informasi-pada-2022

Downloads

Published

2024-12-29

How to Cite

Helsa Yoga Hibatullah, & Ertika Nanda. (2024). Efek Political Branding Dico Ganinduto Melalui TikTok pada Generasi Z Analisis Strategi Kampanye Digital di Pilgub Jateng 2024. Communicology: Jurnal Ilmu Komunikasi, 12(2), 300–324. https://doi.org/10.21009.COMM.033.08