Intensitas Warga High Reputation Dalam Melaporkan Informasi Keluhan Aplikasi Qlue : Studi Gamefikasi Dalam Aplikasi Smartcity

Penulis

  • Radityo Muhammad Universitas Mercu Buana

DOI:

https://doi.org/10.21009/Communicology.012.04

Kata Kunci:

Gamefikasi, Smart City

Abstrak

Pada saat ini saluran komunikasI berupa aplikasi menjadi platform yang digunakan oleh masyarakat di DKI Jakarta. Oleh karena itu Pemerintah Daerah DKI Jakarta menyediakan platform smartcity sebagai sarana keterlibatan warga dalam menyampaikan aspirasinya kepada pemerintah. Dengan adanya saluran ini maka terjadi komunikasi dari warga ke pemerintah. Peneliti mencoba menganalisis seberapa antusias warga dalam melaporkan permasalahan kota dengan mengukur itensitas warga. Pengukuran itensitas menggunakan metodelogi data science yaitu dengan menggunakan big data untuk melihat prilaku manusia. Peneliti menemukan bahwa gamifikasi yang berbentuk permainan pelaporan dapat meningkatkan intensitas pelaporan warga mengenai keluhan kepada pemerintah.

Diterbitkan

2019-12-27

Cara Mengutip

Muhammad, R. (2019). Intensitas Warga High Reputation Dalam Melaporkan Informasi Keluhan Aplikasi Qlue : Studi Gamefikasi Dalam Aplikasi Smartcity. Communicology: Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(2), 151–159. https://doi.org/10.21009/Communicology.012.04