Intensitas Warga High Reputation Dalam Melaporkan Informasi Keluhan Aplikasi Qlue : Studi Gamefikasi Dalam Aplikasi Smartcity
DOI:
https://doi.org/10.21009/Communicology.012.04Kata Kunci:
Gamefikasi, Smart CityAbstrak
Pada saat ini saluran komunikasI berupa aplikasi menjadi platform yang digunakan oleh masyarakat di DKI Jakarta. Oleh karena itu Pemerintah Daerah DKI Jakarta menyediakan platform smartcity sebagai sarana keterlibatan warga dalam menyampaikan aspirasinya kepada pemerintah. Dengan adanya saluran ini maka terjadi komunikasi dari warga ke pemerintah. Peneliti mencoba menganalisis seberapa antusias warga dalam melaporkan permasalahan kota dengan mengukur itensitas warga. Pengukuran itensitas menggunakan metodelogi data science yaitu dengan menggunakan big data untuk melihat prilaku manusia. Peneliti menemukan bahwa gamifikasi yang berbentuk permainan pelaporan dapat meningkatkan intensitas pelaporan warga mengenai keluhan kepada pemerintah.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution licensethat allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangementfor the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.
Users/public use of this website will be licensed to CC BY