Aktivitas Public Relations Di Mall Ciputra World Surabaya

Penulis

  • Monika Teguh Universitas Ciputra Surabaya
  • Anandari Priska Universitas Ciputra Surabaya
  • Bungin Burhan Universitas Ciputra Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.21009/Communicology.013.01

Kata Kunci:

Aktivitas Public Relations, Pusat Perbelanjaan, Ciputra World Surabaya

Abstrak

Peningkatan industri pusat perbelanjaan atau mall menjadi salah satu sektor penopang pertumbuhan perekonomian Indonesia. Maraknya mall memberikan kesempatan untuk para pelaku bisnis memasarkan produknya dan para konsumen untuk melakukan pembelian secara nyaman, sehingga perputaran ekonomi dapat terdorong. Perkembangan pusat perbelanjaan di Indonesia terjadi di berbagai kota salah satunya di kota Surabaya. Kini kota Surabaya menjadi kota yang memiliki mall terbanyak kedua setelah Jakarta. Salah satu pusat perbelanjaan di Surabaya yang berstandar high class mall adalah Ciputra World Surabaya. Ciputra World Surabaya mengusung sebuah konsep yaitu “The Magnificent World of Lifestyle”, untuk menggambarkan citranya sebagai pusat perbelanjaan yang tidak hanya mengakomodasi aktivitas shopping, melainkan dapat menjadi family mall yang menyajikan kualitas terbaik dalam hiburan, makan, dan rekreasi Dalam mempertahankan citranya tersebut, Ciputra World Surabaya mengandalkan aktivitas public relations yang menjadi salah satu kunci kesuksesan perusahaan. Berdasarkan fenomena tersebut, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui aktivitas public relations yang dilaksanakan oleh mall Ciputra World Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas public relations yang dilakukan oleh mall Ciputra World Surabaya terbagi menjadi tiga jenis yaitu corporate public relations, stakeholder relations dan marketing public relations. Diantara ketiga jenis aktivitas tersebut, yang paling dominan dilaksanakan adalah corporate public relations dan marketing public relations. Sedangkan aktivitas stakeholder relations masih belum banyak dilakukan dan membutuhkan pengembangan kedepannya.

Referensi

Arifin, N. (2017). Tahun 2018, Perekonomian Indonesia Akan Tumbuh Lebih Cepat. https://www.goodnewsfromindonesia.id/2017/12/15/tahun-2018-perekonomian-indonesia-tumbuh-lebih-cepat
Ciputra World Surabaya. (2011). Ciputra World Surabaya - Mall. http://ciputraworldsurabaya.com/mall/about
Emzir. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Raja Grafindo.
Gotomalls.com. (2019). 10 Mall Terbaik di Surabaya Wajib Dikunjungi. https://www.gotomalls.com/articles/10-mall-terbaik-di-surabaya?country=0&lang=en
Herdiansyah, H. (2013). Wawancara, Observasi, Dan Focus Groups Sebagai Instrumen Penggalian Data Kualitatif. PT. Raja Grafindo Persada.
Hutauruk, D. M. (2017). Bisnis Pusat Perbelanjaan Masih Menjanjikan. https://industri.kontan.co.id/news/bisnis-pusat-perbelanjaan-masih-menjanjikan
Laskin, A. (2010). Managing Investor Relations: Strategies for Effective Communication (Corporate Communication Collection)No Title (First). Business Expert Press.
Melita, Y. (2016). Mengkaji Ruang Lingkup Pekerjaan Marketing Public Relations (MPR) Dan Corporate Public Relations (CPR). INSANI, 3(1), 23–31. https://doi.org/10.4324/9780203812990
Munandar, J., & Hermawan, Y. (2009). Analisis Preferensi Pengunjung dan Positioning Pusat Perbelanjaan Modern di Kota Bogor (Studi Kasus: Botani Square, Ekalokasari Plaza, Bogor Trade Mall, dan Pangrango Plaza). Jurnal Manajemen, 1(1), 123–135.
Purvis, O. (2016). Riera Stephana - Promotion Coordinator & Public Relation Of Ciputra World Mall Surabaya. http://www.citymagz.net/riera-stephana-promotion-coordinator-public-relation-ciputra-world-mall-surabaya/
Rahmat, P. S. (2009). Penelitian Kualitatif. In Journal Equilibrium: Vol. 5 No. 9 (pp. 1–8). yusuf.staff.ub.ac.id/files/2012/11/Jurnal-Penelitian-Kualitatif.pdf
Ruslan, R. (2018). Manajemen Public Relations & Media Komunikasi. Rajawali Pers.
Syukro, R. (2017). Pertumbuhan Pusat Belanja Dinilai Masih Tinggi. https://www.beritasatu.com/bisnis/455487-pertumbuhan-pusat-belanja-dinilai-masih-tinggi.html
Teguh, M. (2015). Difusi Inovasi Dalam Program Pembelajaran Jarak Jauh Di Yayasan Trampil Indonesia. Scriptura, 5(2), 71–78. https://doi.org/10.9744/scriptura.5.2.71-78
The, E. N. (2013). Analisis Perilaku Belanja Di Mall Berdasarkan Faktor Usia Dan Gender Di Tunjungan Plaza Dan Galaxy Mall.
Tim Sindonews. (2017). Diambil kembali dari Indonesia Peringkat Ke-5 Ekonomi Paling Kuat di Dunia. https://ekbis.sindonews.com/read/1237105/35/indonesia-peringkat-ke-5-ekonomi-paling-kuat-di-dunia-1504673818
Widarti, P. (2016). Perkembangan Mal di Jatim Tumbuh Baik. https://ekonomi.bisnis.com/read/20160829/276/579381/perkembangan-mal-di-jatim-tumbuh-baik

Diterbitkan

2020-07-13

Cara Mengutip

Teguh, M., Priska, A., & Burhan, B. (2020). Aktivitas Public Relations Di Mall Ciputra World Surabaya. Communicology: Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(1), 1–17. https://doi.org/10.21009/Communicology.013.01