Strategi Digital Branding Pariwisata 4.0 Kota Semarang Melalui Pendekatan “Brand Hexagon”

Penulis

  • Firdaus Azwar Ersyad Firdaus Univesitas Semarang

DOI:

https://doi.org/10.21009/COMMUNICOLOGY.10.9.2022

Abstrak

Perdaban digital tentunya memberi impak di berbagai sektor salah satunya di bidang Pariwista, di sektor pariwisata, era revolusi industri 4.0 berdampak pada munculnya transformasi digital yang menjadi penyebab lahirnya tourism 4.0. Penelitian ini bertujuan untuk mengrtahui langkah-langkah strategis kota Semarang dalam membangun digital branding Pariwisata 4.0. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, adapun tek pengumpulan datanya adalah menggunakan observasi, wawaranca, dokumentasi dan studi pustaka. Analisa data dalam penelittian menggunakan metode brand hexagon. Hasil penelitian menunjukan bahwa dinas pariwista telah menggunakan beberapa platform digital seperti website, social media dan aplikasi smartphone sebagai penunjang promosi dan langkah strategi dalam memaksimal pariwisata kota Semarang. Selain itu aplikasi Smart City Lunpia menjadi media informasi berbasis digital sebagai upaya nyata dalam kesiapan menyambut tourism 4.0.

Diterbitkan

2022-07-11

Cara Mengutip

Firdaus, F. A. E. (2022). Strategi Digital Branding Pariwisata 4.0 Kota Semarang Melalui Pendekatan “Brand Hexagon”. Communicology: Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1), 1–13. https://doi.org/10.21009/COMMUNICOLOGY.10.9.2022