Strategi Employer Branding Pegipegi Life Dalam Mengelola Karyawan Guna Membentuk Citra Positif

Penulis

  • Michelle Yunita
  • Prampal Roshan LSPR Institute of Communication and Business
  • Felixia Qualimva

DOI:

https://doi.org/10.21009/COMMUNICOLOGY.030.09

Kata Kunci:

Employer branding, Pegipegi, Citra Positif

Abstrak

Di tengah revolusi digital, perusahaan diharuskan untuk melakukan pembaruan baik untuk kepentingan bisnis maupun bagi sumber daya manusia yang ada didalamnya. Dalam mempertahankan dan memperoleh kandidat terbaik, perusahaan perlu melakukan employer branding untuk memenangkan talent war di antara kompetitor. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan bagaimana strategi Pegipegi dalam mengelola karyawan, dan membentuk citra positif untuk memiliki daya tawar yang unik melalui kegiatan employer branding. Penelitian  ini menggunakan  pendekatan  kualitatif, dengan metode pengumpulan data yaitu wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pegipegi telah menjalankan lima nilai esensial yang dimiliki oleh perusahaan. Melalui kelima dimensi employer branding yang diterapkan secara eksternal maupun internal, Pegipegi memanfaatkan tiga platform utama untuk publikasi employer branding di Instagram, Medium, dan LinkedIn. Pegipegi juga sukses membentuk image yang baik di mata publik sekaligus meningkatkan loyalitas karyawan untuk jenjang waktu yang lama.

Referensi

Alifia, Z., Hafiar, H., & Sani, A. (2020). Pelaksanaan Employer Branding PT. Arya Noble. Communication, 11(1), 48-68.
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).
Butsi, F. I. (2019). Memahami pendekatan positivis, konstruktivis dan kritis dalam metode penelitian komunikasi. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Communique, 2(1), 48-55.
Chan, A., Rivani, R., & Fajarwati, S. (2019). EMPLOYER BRANDING PT. ASTRA INTERNASIONAL. AdBispreneur: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi Bisnis dan Kewirausahaan, 4(2), 123-133.
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33-54.
Kusuma, T. C. & Prasetya, A. (2017). PENERAPAN EMPLOYER BRANDING DAN EMPLOYEE VALUE PROPOSITION UNTUK MENCIPTAKAN EMPLOYEE ENGAGEMENT (Studi Pada PT Bank Central Asia Tbk). Jurnal Administrasi Bisnis, 5(5), 143-151.
Pegipegi (Tentang Kami). (n.d.). Retrieved https://www.pegipegi.com/team/index.html
Radhinda, P. A. (2020). Penerapan Proses Employer Branding Pada Perusahaan E-Commerce (Studi Kasus pada Shopee Indonesia). Tuturlogi: Journal of Southeast Asian Communication, 1(3), 185-204.
Ryana, T. V., Hafiar, H., & Lukman, S. (2019). Proses Employer Branding PT. Mercedes-Benz Indonesia untuk Meningkatkan Eksistensi Perusahaan. Mediator: Jurnal Komunikasi, 12(2), 212-224.
Zellatifanny, C. M., & Mudjiyanto, B. (2018). Tipe penelitian deskripsi dalam ilmu komunikasi. Diakom: Jurnal Media Dan Komunikasi, 1(2), 83-90.

Diterbitkan

2022-12-23

Cara Mengutip

Michelle Yunita, Prampal Roshan, & Felixia Qualimva. (2022). Strategi Employer Branding Pegipegi Life Dalam Mengelola Karyawan Guna Membentuk Citra Positif. Communicology: Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(2), 285–298. https://doi.org/10.21009/COMMUNICOLOGY.030.09