Analisis Komunikasi Virtual Gamers Mobile Legend Pada Siswa/i SMAN 21 Kota Batam
DOI:
https://doi.org/10.21009/COMMUNICOLOGY.031.01Abstrak
Di era teknologi yang semakin maju, di mana banyak orang dapat berkomunikasi kapan saja dan di mana saja, serta penggunaan smartphone sudah tersedia,dapat memudahkan siapapun dan kapanpun untuk bisa berkomunikasi dengan orang lainnya, dengan kemudahan teknologi inilah memudahkan para siswa untuk mendownload game yang ada di smarthphone, Mobile Legend merupakan game yang menyediakan fungsi komunikasi yang dapat dilakukan pengguna secara virtual. Dalam permainan ini, komunikasi adalah hal yang paling penting karena membutuhkan interaksi satu sama lain untuk mencapai kemenangan. Komunikasi virtual adalah sarana komunikasi yang melaluinya pesan dikirim dan diterima melalui dunia maya atau yang dikenal dengan dunia maya. Komunikasi semacam ini di abad ini sangat digemari oleh semua orang, karena siapa saja dapat melakukannya di mana saja dan kapan saja, Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap komunikasi virtual pemain game online. Teori yang dianggap penting dalam penelitian ini adalah konsep teori komunikasi virtual. Penelitian tersebut melibatkan tujuh siswa SMAN 21 aktif Di Batam yang bermain Mobile Legends minimal tiga jam sehari. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara, dan hasilnya menunjukkan bahwa intensitas komunikasi dalam virtualisasi sangat sering terjadi, dan terjadi perubahan komunikasi seperti berkurangnya komunikasi dengan orang sekitar, komunikasi yang menjadi kasar tanpa disadari akibat dari bermain game online, dan dapat menambah ketagihan dengan membuat siswa menghabiskan lebih banyak waktu didepan layar ponsel, hal ini disebabkan oleh kecanduan dari game Mobile Legends.
Kata Kunci: Komunikasi Virtual; Mobile Legend;
Referensi
Wijaya, C. V., & Paramita, S. (2019). Komunikasi Virtual dalam Game Online (Studi Kasus dalam Game Mobile Legends). Koneksi, 3(1), 261. https://doi.org/10.24912/kn.v3i1.6222
Putra, M. F. B., Atnan, N., Sc, M., & Legends, M. (2020). Analisis Perilaku Komunikasi Antarpribadi Player Game Online Mobile Legends : Bang Bang Analysis of Communication Behavior of the Online Player Mobile. E-Proceeding of Management, 7(2), 4285–4296.
Bagas Pradipta Irianto, A., Milenia Putri Wisnu, A., Indriani Putri Aprilli, D., Rizki Hermawan, H., & Vincent Immanuel, dan. (2019). Game online dan pengaruhnya terhadap komunikasi dalam keluarga. 381–386. https://jurnal.wicida.ac.id/index.php/sebatik/article/view/786
Irawanto, B. (2017). SPASIALISASI DEVELOPER GAME LOKAL (Proses Perluasan Usaha Developer Game PT GIT SOLUTION, dan Noobzilla Di Yogyakarta) JUSUF ARIZ WAHYUONO, Budi Irawanto, M.A., Ph.d. 30(2005), 2005–2010
Cangara, H. (2009). Resensi Buku Pengantar Ilmu Komunikasi Cangara. 1–187..
Fahmi, R. (2008). Pengaruh Bermain Game Online Mobile Legend Terhadap Kon-ten Obrolan Mahasiswa. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 287.
Putra, F. F., Rozak, A., Perdana, G. V., & Maesharoh, I. (2019). Dampak Game Online Terhadap Perubahan Perilaku Sosial Mahasiswa Telkom University. Jurnal Politikom Indonesiana, 4(2), 98–103. https://doi.org/10.35706/jpi.v4i2.3236
Putri, D. N., & Mardyah, S. A. (2019). Penggunaan Kata-Kata Kasar Pada Pemain Game Online : Gambaran Self Construal Yang Dimiliki. Psychology Journal of Mental Health, 1(1), 1–14. http://pjmh.ejournal.unsri.ac.id/
Rara Cindoswari, A., & Diana, D. (2019). Peran Media Massa Terhadap Peru-bahan Perilaku Remaja Di Komunitas Kpopers Batam. Hasil Pemikiran Dan Penelitian, 5(2), 275–285. www.journal.uniga.ac.id
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution licensethat allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangementfor the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.
Users/public use of this website will be licensed to CC BY