Pengaruh Konten dan Kualitas Informasi Akun Instagram @idvolunteering terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers
DOI:
https://doi.org/10.21009/COMM.1102.05Kata Kunci:
Kebutuhan Informasi, Konten, Kualitas InformasiAbstrak
ABSTRACT
Technological developments are experiencing very rapid enlightenment, especially in telecommunications and information. Social media is one of the tools andplatform which is often used by individuals and groups in the process of exchanging information, for example Instagram. Instagram is currently no longer only used by individuals, but many communities also use it. Such as being used to spread content that contains information about volunteerism from the community, for example, the Instagram account @idvolunteering. Content uploaded by the Instagram account @idvolunteering is of high quality, so it is hoped that it will meet information needsfollowers. The purpose of this study was to find out how much influence the content and quality of information on the @idvolunteering Instagram account have on fulfilling information needsfollowers. This research method uses a quantitative method using a questionnaire as a data collection instrument. In this study, the respondents werefollowers from the Instagram account @idvolunteering with a total sample of 400 respondents. The theory used in this research is theoryUses and Effect. This theory explains the relationship between mass communication conveyed through the mass media as a means and has an effect on its users. Media users are trying to find which media can meet their needs, one of which is to meet the information needs related to the recruitment of volunteer members. The results of the study indicate that there is a significant influence between the content and quality of information on the @idvolunteering Instagram account on fulfilling information needs.
ABSTRAK
Perkembangan teknologi mengalami pencerahan yang sangat pesat khususnya pada telekomunikasi dan informasi. Media sosial menjadi salah satu sarana dan platform yang seringkali digunakan oleh setiap individu maupun kelompok dalam proses pertukaran informasi, contohnya Instagram. Instagram saat ini tidak lagi hanya digunakan oleh individu saja, tetapi banyak komunitas yang juga menggunakannya. Seperti digunakan untuk menyebarkan konten yang berisi informasi-informasi seputar kerelawanan dari komunitas tersebut, sebagai contoh adalah akun Instagram @idvolunteering. Konten yang diunggah akun Instagram @idvolunteering memiliki kualitas sehingga diharapkan dapat memenuhi kebutuhan informasi followers. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh konten dan kualitas informasi pada akun Instagram @idvolunteering terhadap pemenuhan kebutuhan informasi followers. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data. Pada penelitian ini, responden adalah followers dari akun Instagram @idvolunteering dengan keseluruhan jumlah sampel 400 responden. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori Uses and Effect. Teori ini menjelaskan mengenai hubungan antara komunikasi massa yang disampaikan melalui media massa sebagai sarananya dan menimbulkan efek bagi penggunanya. Pengguna media berusaha mencari media mana yang dapat memenuhi kebutuhannya, salah satunya adalah memenuhi kebutuhan informasi yang berhubungan dengan perekrutan anggota volunteer. Hasil penelitian menunjukkan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara konten dan kualitas informasi pada akun Instagram @idvolunteering terhadap pemenuhan kebutuhan informasi.
Referensi
Hakim, A. (2016). Model Struktural Hubungan Teknologi Informasi, Kualitas Informasi dan Kinerja Manajerial Industri Kreatif Percetakan Digital. MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen, Vol. 6, No. 1, Februari 2016.
Jonni, R.R. & Hariyanti, P. (2021). Pengaruh Konten Instagram Terhadap Minat Beli Konsumen Space Coffe Roastery Yogyakarta. Jurnal Mahasiswa Komunikasi Cantrik. Vol. 1, No. 2, 2021 (E-ISSN: 2807-2499).
Kingsnorth, S. (2016). Digital Marketing Strategy an Integrated Approach to Online Marketing. London: Kogan Page Limited.
Kurniawan, W. A. & Puspitaningtyas, Z. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pandiva Buku.
Nurmuhammad, R. & Pamungkas, A. N. I. (2020). Pengaruh Konten Instagram Terhadap Sikap Konsumen Game Mobile PT. Agate International. E-ProceedIng of Manajement. Vol. 7, No. 1, April 2020 (ISSN: 2355-9357).
Ratminto, et al. (2017). Pelayanan Prima: Pedoman Penerapam Momen Kritis Pelayanan dari A Sampai Z.Yogyakarta: UGM Press.
Susanto, A. (2017). Sistem Informasi Akuntansi: Pemahaman Konsep Secara Terpadu. Bandung: Linggar Jaya.
Tang, T., Kucek, J., & Toepfer, S. (2022). Active within structures: Predictors of esports gameplay and spectatorship. Communication & Sport, 10(2), 195-215
Wahyuni, P.S., et al. (2019). Pengaruh Konten Instagram @smrfoodies Terhadap Minat Beli Followers. eJournal Ilmu Komunikasi Vol. 7 No. 1.
Wardani, et al. (2018). Kebutuhan Informasi dan Upaya Pemenuhan Kebutuhan Informasi Pada Komunitas Akar Tuli. BIBLIOTIKA: Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi. Vol. 2, No. 2, November 2018. (ISSN: 2579-3802).
Zeithaml, V. A., Jaworski, B. J., Kohli, A. K., Tuli, K. R., Ulaga, W., & Zaltman, G. (2020). A theories-in-use approach to building marketing theory. Journal of Marketing, 84(1), 32-51.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution licensethat allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangementfor the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.
Users/public use of this website will be licensed to CC BY