INTERNALISASI KESALEHAN SOSIAL ANAK MELALUI PEMBINAAN AKHLAK DI INSTITUSI PENDIDIKAN NON FORMAL

Authors

  • Suyuti

Keywords:

taman pendidikan al-qur'an, kesalehan sosial, pembinaan akhlak

Abstract

Pendidikan Islam sejak dini pada anak-anak merupakan hal yang sangat penting agar anak nantinya tidak terseret arus perbuatan yang negatif serta dapat tumbuh menjadi anak-anak yang memiliki akhlak sesuai dengan syariat Islam terutama dalam menciptakan kesalehan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan proses internalisasi kesalehan sosial anak melalui pembinaan akhlak di institusi pendidikan non formal di Taman Pendidikan Al -Qur‟an Al-Muttaqin yang berlokasi di Jakarta. Kesalehan sosial merupakan suatu bentuk sikap di mana suatu tindakan yang dilakukan tidak hanya berguna bagi diri sendiri melainkan juga untuk orang lain. Terdapat dua nilai yang ditanamkan di TPA dalam usaha menciptakan suatu kesalehan sosial yaitu menanamkan nilai agama dan juga nilai sosial. Di TPA Al-Muttaqin, proses pembinaan nilai agama dan nilai sosial tidak hanya diinternalisasikan secara teori saja melainkan melalui pembiasaan atau kegiatan empiris. Sehingga peserta didik tidak hanya memahami nilai agama dan nilai sosial akan tetapi dapat mempraktikannya dalam kehidupan sehari-hari sehingga dapat membentuk suatu kesalehan sosial santri.

References

Abdulhak, Ishak, Ugi Suprayogi, Penelitian Tindakan Dalam Pendidikan Non Formal, (Jakarta: PT Raja Grafindo Pustaka, 2012)
Al-Hasyimi, Abdul Mun'im, Akhlak Rasul Menurut Bukhari dan Muslim, (Jakarta: Gema Insani, 2009)
As‟ad Human, Budiyanto, Pedoman Pengelolaan Pembinaan dan Pengembangan TPA-TPA Nasional, (Yogyakarta: LPTQ Nasional, 1995)
Bakry, Oemar, Akhlak Muslim, (Bandung: Angkasa, 2006)
Banawiratma, J.B. (ed), Iman, Ekonomi dan Ekologi, (Yogyakarta : Kanisius, 1996)
Daradjat, Zakiah, Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, (Jakarta: Bumi Aksara, 2005)
Daradjat, Zakiah, Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, (Jakarta: Bumi Aksara, 2005)
Daradjat, Zakiyah, Ilmu Jiwa Agama, (Jakarta: Bulan Bintang, 2006)
Darsono, Max dkk., Belajar dan Pembelajaran, (Semarang: IKIP Semarang Press, 2001)
Drost, J., Proses Pembelajaran Sebagai Proses Pendidikan, (Jakarta: PT. Gramedia, 2003)
Giddens, Anthony, Tumbal Modernitas: Ambruknya Pilar-pilar Keimanan, (Yogyakarta: IRCiSod, 2001)
Hasan, Maimunah, Membentuk Pribadi Muslim, (Yogyakarta: Pustaka Nabawi, 2002)
Jalaluddin, Teologi Pendidikan, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2003)
Joesoef, Soelaman, Konsep Dasar Pendidikan non formal, (Jakarta: Bumi Aksara. 1992)
Marshall and Rossman, Designing Qualitatitative Research, (London: Sage Publication, 2007)
Muhammmad, Zuhaili, Pentingnya Pendidikan Islam Sejak Dini, (Jakarta: A.H. Ba‟adillah Press, 2002)
Muslich, Masnur, KTSP; Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual, (Jakarta: Bumi Aksara, 2009)
Poerwadarminta, Kamus Lengkap-Bahasa Indonesia,(Jakarta:Gramedia, 2007)
Sanjaya, Wina, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2009)
Shochib, Moh., Pola Asuh Orang Tua Untuk Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri, (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2000)
Sobary, Mohammad, Kesalehan Sosial, (Yogyakarta: LKiS, 2007)
Suyanto, Bagong (ed), Metode Penelitian Sosial: Berbagai Alternatif Pendekatan, (Jakarta: Kencana, 2005)
Tilaar, H.A.R., Kredo Pendidikan, (Jakarta: Lembaga Manajemen UNJ, 2009)
Tilaar, H.A.R., Pendidikan Baru Pendidikan Nasional, (Jakarta: Rineka Cipta, 2000)
U. MZ. Syamsudin, Panduan Kurikulum dan Pengajaran TKA-TPA, (Jakarta:LPPTKA BKPRMI Pusat, 2004)
Yusuf, Syamsu, Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2000

Downloads

Published

2024-03-06

How to Cite

Suyuti. (2024). INTERNALISASI KESALEHAN SOSIAL ANAK MELALUI PEMBINAAN AKHLAK DI INSTITUSI PENDIDIKAN NON FORMAL. Jurnal Diskursus Pendidikan Sosiologi, 1(2), 49–90. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jdps/article/view/43910