INTERNALISASI KESALEHAN SOSIAL ANAK MELALUI PEMBINAAN AKHLAK DI INSTITUSI PENDIDIKAN NON FORMAL
Keywords:
taman pendidikan al-qur'an, kesalehan sosial, pembinaan akhlakAbstract
Pendidikan Islam sejak dini pada anak-anak merupakan hal yang sangat penting agar anak nantinya tidak terseret arus perbuatan yang negatif serta dapat tumbuh menjadi anak-anak yang memiliki akhlak sesuai dengan syariat Islam terutama dalam menciptakan kesalehan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan proses internalisasi kesalehan sosial anak melalui pembinaan akhlak di institusi pendidikan non formal di Taman Pendidikan Al -Qur‟an Al-Muttaqin yang berlokasi di Jakarta. Kesalehan sosial merupakan suatu bentuk sikap di mana suatu tindakan yang dilakukan tidak hanya berguna bagi diri sendiri melainkan juga untuk orang lain. Terdapat dua nilai yang ditanamkan di TPA dalam usaha menciptakan suatu kesalehan sosial yaitu menanamkan nilai agama dan juga nilai sosial. Di TPA Al-Muttaqin, proses pembinaan nilai agama dan nilai sosial tidak hanya diinternalisasikan secara teori saja melainkan melalui pembiasaan atau kegiatan empiris. Sehingga peserta didik tidak hanya memahami nilai agama dan nilai sosial akan tetapi dapat mempraktikannya dalam kehidupan sehari-hari sehingga dapat membentuk suatu kesalehan sosial santri.
References
Al-Hasyimi, Abdul Mun'im, Akhlak Rasul Menurut Bukhari dan Muslim, (Jakarta: Gema Insani, 2009)
As‟ad Human, Budiyanto, Pedoman Pengelolaan Pembinaan dan Pengembangan TPA-TPA Nasional, (Yogyakarta: LPTQ Nasional, 1995)
Bakry, Oemar, Akhlak Muslim, (Bandung: Angkasa, 2006)
Banawiratma, J.B. (ed), Iman, Ekonomi dan Ekologi, (Yogyakarta : Kanisius, 1996)
Daradjat, Zakiah, Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, (Jakarta: Bumi Aksara, 2005)
Daradjat, Zakiah, Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, (Jakarta: Bumi Aksara, 2005)
Daradjat, Zakiyah, Ilmu Jiwa Agama, (Jakarta: Bulan Bintang, 2006)
Darsono, Max dkk., Belajar dan Pembelajaran, (Semarang: IKIP Semarang Press, 2001)
Drost, J., Proses Pembelajaran Sebagai Proses Pendidikan, (Jakarta: PT. Gramedia, 2003)
Giddens, Anthony, Tumbal Modernitas: Ambruknya Pilar-pilar Keimanan, (Yogyakarta: IRCiSod, 2001)
Hasan, Maimunah, Membentuk Pribadi Muslim, (Yogyakarta: Pustaka Nabawi, 2002)
Jalaluddin, Teologi Pendidikan, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2003)
Joesoef, Soelaman, Konsep Dasar Pendidikan non formal, (Jakarta: Bumi Aksara. 1992)
Marshall and Rossman, Designing Qualitatitative Research, (London: Sage Publication, 2007)
Muhammmad, Zuhaili, Pentingnya Pendidikan Islam Sejak Dini, (Jakarta: A.H. Ba‟adillah Press, 2002)
Muslich, Masnur, KTSP; Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual, (Jakarta: Bumi Aksara, 2009)
Poerwadarminta, Kamus Lengkap-Bahasa Indonesia,(Jakarta:Gramedia, 2007)
Sanjaya, Wina, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2009)
Shochib, Moh., Pola Asuh Orang Tua Untuk Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri, (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2000)
Sobary, Mohammad, Kesalehan Sosial, (Yogyakarta: LKiS, 2007)
Suyanto, Bagong (ed), Metode Penelitian Sosial: Berbagai Alternatif Pendekatan, (Jakarta: Kencana, 2005)
Tilaar, H.A.R., Kredo Pendidikan, (Jakarta: Lembaga Manajemen UNJ, 2009)
Tilaar, H.A.R., Pendidikan Baru Pendidikan Nasional, (Jakarta: Rineka Cipta, 2000)
U. MZ. Syamsudin, Panduan Kurikulum dan Pengajaran TKA-TPA, (Jakarta:LPPTKA BKPRMI Pusat, 2004)
Yusuf, Syamsu, Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2000
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.