PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENGEMBANGKAN PENGUASAAN KOSAKATA PADA ANAK AUTIS USIA DINI

UTILIZING PICTURES AS MEDIA TO DEVELOP VOCABULARIES MASTERY FOR A CHILD WITH AUTISM

Authors

  • Ikhya Ulumudin Peneliti di Pusat penelitian kebijakan, Kemendikbud

DOI:

https://doi.org/10.21009/JIV.1401.8

Keywords:

media gambar, kosakata, anak autis

Abstract

Anak autis biasanya mengalami keterlambatan dalam berkomunikasi semenjak masih balita. Kesulitan dalam berkomunikasi pada anak autis dapat membuat anak menjadi sedih, marah, atau frustasi ketika tidak dapat mengkomunikasikan keinginan atau kebutuhannya. Untuk itu, perlu mencari solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut, sehingga anak autis dapat berkomunikasi seperti anak pada umumnya. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penggunaan media gambar dalam mengembangkan penguasaan kosakata pada anak autis. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi. Subjek penelitian adalah seorang anak berinisial AZH berusia 4 tahun 10 bulan. Adapun instruktur dalam melakukan treatment adalah peneliti dan ibu dari AZH. Pelaksanaan penelitian dilakukan pada tanggal 1 – 27 Februari 2019 dengan frekuensi treatment sebanyak 20 kali yang bertempat di rumah orangtua AZH di Kota Depok - Jawa Barat. Simpulan hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan penguasaan kosakata pada anak autis. Hal ini dapat ditunjukan dari kemampuan AZH dalam menguasai seluruh kosakata (26 kosakata) yang diberikan dengan waktu 27 hari. Saran dalam penelitian ini yakni pemberian treatment untuk mengembangkan penguasaan kosakata pada anak autis melalui media gambar sebaiknya kosakata yang diberikan pertama kali yakni kata benda dengan dua suku kata dan empat huruf. Selain itu, usahakan anak tersebut diperlihatkan benda aslinya sesuai dengan gambar yang ditunjukan.

Downloads

Published

2019-06-27

How to Cite

Ulumudin, I. (2019). PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENGEMBANGKAN PENGUASAAN KOSAKATA PADA ANAK AUTIS USIA DINI: UTILIZING PICTURES AS MEDIA TO DEVELOP VOCABULARIES MASTERY FOR A CHILD WITH AUTISM. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 14(1), 75–84. https://doi.org/10.21009/JIV.1401.8