PENGEMBANGAN MODEL “TEKNIK IMITASI” SEBAGAI TERAPI DASAR UNTUK ANAK USIA DINI DENGAN AUTISME
THE DEVELOPMENT OF THE "IMITATION TECHNIQUE" MODEL AS A BASIC THERAPY FOR CHILDREN WITH AUTISM
DOI:
https://doi.org/10.21009/JIV.1501.5Abstract
Prevalensi anak dengan gangguan autisme di Indonesia peningkatannya semakin tajam. Namun sampai sekarang belum ada secara khusus model terapi dasar yang melatih anak autis yang mempunyai permasalahan tidak dapat mematuhi, meniru, dan mengikuti perintah sejak awal diagnosa. Akibatnya berbagai bentuk terapi yang diberikan kepada anak tersebut kurang optimal. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan model terapi untuk anak dengan autisme dalam mematuhi, meniru, dan mengikuti perintah. Model terapi tersebut dinamakan “teknik imitasi” yang bertujuan untuk membantu anak autis dalam belajar mematuhi, meniru, dan mengikuti instruksi yang diberikan oleh terapis. Metode penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Pelaksanaan penelitian dilakukan di Kota Depok pada bulan Oktober 2018 – Januari 2019. Hasil ujicoba menunjukkan bahwa model terapi teknik imitasi tepat digunakan sebagai terapi dasar untuk anak usia dini dengan autisme dengan permasalahan tidak dapat mematuhi, meniru, dan mengikuti perintah. Hal ini karena setelah dilakukan ujicoba permasalahan tersebut dapat diatasi. Penelitian ini menyarankan kepada orang tua dan terapis anak autis untuk dapat mencoba teknik imitasi ini sebagai terapi dasar atau pertama sebelum anak mengikuti terapi metode lainnya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution licensethat allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangementfor the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.
- Users/public use of this website will be licensed to CC BY-NC-SA Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License