PENGEMBANGAN MODEL “TEKNIK IMITASI” SEBAGAI TERAPI DASAR UNTUK ANAK USIA DINI DENGAN AUTISME

THE DEVELOPMENT OF THE "IMITATION TECHNIQUE" MODEL AS A BASIC THERAPY FOR CHILDREN WITH AUTISM

  • Ikhya Ulumudin Pusat Penelitian Kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Abstract

Prevalensi anak dengan gangguan autisme di Indonesia peningkatannya semakin tajam. Namun sampai sekarang belum ada secara khusus model terapi dasar yang melatih anak autis yang mempunyai permasalahan tidak dapat mematuhi, meniru, dan mengikuti perintah sejak awal diagnosa. Akibatnya berbagai bentuk terapi yang diberikan kepada anak tersebut kurang optimal. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan model terapi untuk anak dengan autisme dalam mematuhi, meniru, dan mengikuti perintah. Model terapi tersebut dinamakan “teknik imitasi” yang bertujuan untuk membantu anak autis dalam belajar mematuhi, meniru, dan mengikuti instruksi yang diberikan oleh terapis. Metode penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Pelaksanaan penelitian dilakukan di Kota Depok pada bulan Oktober 2018 – Januari 2019. Hasil ujicoba menunjukkan bahwa model terapi teknik imitasi tepat digunakan sebagai terapi dasar untuk anak usia dini dengan autisme dengan permasalahan tidak dapat mematuhi, meniru, dan mengikuti perintah. Hal ini karena setelah dilakukan ujicoba permasalahan tersebut dapat diatasi. Penelitian ini menyarankan kepada orang tua dan terapis anak autis untuk dapat mencoba teknik imitasi ini sebagai terapi dasar atau pertama sebelum anak mengikuti terapi metode lainnya.

Published
2020-06-27
How to Cite
Ulumudin, I. (2020). PENGEMBANGAN MODEL “TEKNIK IMITASI” SEBAGAI TERAPI DASAR UNTUK ANAK USIA DINI DENGAN AUTISME. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 15(1), 41-52. https://doi.org/10.21009/JIV.1501.5