PENDAMPINGAN ORANGTUA PADA ANAK PENGGUNA GAWAI DI SATUAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

PARENT ACCOMPANIMENT TO THEIR CHILDREN WHO USED GADGET IN AN EARLY CHILDHOOD EDUCATION UNIT

Authors

  • Lilis Karwati Universitas Siliwangi
  • Didik Kurniawan Universitas Siliwangi
  • Rena Anggraeni Universitas Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.21009/JIV.1501.4

Keywords:

anak pengguna gawai, pendampingan orang tua

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan langkah pendampingan orangtua pada anak pengguna gawai dan mengetahui hasil yang dicapai oleh orangtua setelah mendampingi anak pengguna gawai di satuan pendidikan anak usia dini. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi serta analisis dokumen. Hasil penelitian menemukan bahwa (1) ada delapan langkah pendampingan yang dilakukan orangtua pada anak dalam menggunakan gawai; (2) tingkat pendidikan orangtua dan intervensi pelatihan parenting memberikan kontribusi pada kemampuan orangtua dalam mendampingi anak dalam menggunakan gawai; serta (3) ada perubahan pada pengguna gawai kategori berat dan sedang setelah pendampingan.

Downloads

Published

2020-06-27

How to Cite

Karwati, L., Kurniawan, D., & Anggraeni, R. (2020). PENDAMPINGAN ORANGTUA PADA ANAK PENGGUNA GAWAI DI SATUAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI: PARENT ACCOMPANIMENT TO THEIR CHILDREN WHO USED GADGET IN AN EARLY CHILDHOOD EDUCATION UNIT. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 15(1), 33–40. https://doi.org/10.21009/JIV.1501.4