PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MATA KULIAH ILMU UKUR TANAH I

Studi pada Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Jakarta

Authors

  • Ayyub Denirian R.R Universitas Negeri Jakarta
  • Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i3.15493

Keywords:

Interactive Multimedia, Soil Measuring

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yaitu multimedia interaktif berbasis web pada mata kuliah Ilmu Ukur Tanah pada Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan. Multimedia interaktif yang dikembangkan adalah model tutorial dengan fungsi sebagai pelengkap dalam pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development yang mengacu pada model desain pembelajaran Lee and Owens. Model Lee dan Owens terdiri dari lima tahap, meliputi penilaian/analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner untuk mengumpulkan data dari analisis kebutuhan, validasi ahli media dan materi, serta evaluasi produk oleh pengguna. Hasil penelitian pengembangan ini berupa lima multimedia interaktif, multimedia interaktif divalidasi oleh dua ahli media dan dua ahli materi. Berdasarkan hasil validasi ahli media diperoleh nilai sebesar 81% dikategorikan sangat layak, dan berdasarkan hasil validasi ahli materi diperoleh skor sebesar 84,41%. Hasil penilaian pengguna mendapatkan nilai 4,79 termasuk dalam kategori sangat baik. Berdasarkan nilai-nilai tersebut multimedia interaktif ini sudah dapat digunakan dalam mata kuliah Ilmu Ukur Tanah.

Kata kunci: Multimedia Interaktif, Pengukuran Tanah

Abstract

This study aims to produce learning media, namely interactive multimedia with web-based, in the Soil Measuring Science course in Building Engineering Education Study Program. Interactive multimedia developed is a tutorial model with a function as a complement in learning. The method used in this research is research and development that refers to the Lee and Owens instructional design model. The Lee and Owen model consists of five stages, including assessment / analysis, design, development, implementation, and evaluation. Data analysis techniques in this study used a questionnaire (questionnaire) to collect data from needs analysis, validation of media and material experts, and product evaluation by users. The results of this development research in the form of five interactive multimedia, interactive multimedia is validated by two media experts and two material experts. Based on the results of the validation by media experts, a value of 81% is categorized as very feasible, and based on the results of the validation by the material experts, a score of 84.41% is obtained. The user assessment results get a value of 4.79 included in the excellent category. Based on these values this media can already be used in the Soil Measuring Science course.

Keywords: Interactive Multimedia, Soil Measuring

References

Daryanto. (2016). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Gava media.
Frick, H. (1984). llmu dan Alat Ukur Tanah. Yogyakarta: Kanisius.
Heriawati, N., Sudjarwo, S., & Herpratiwi, H. (2014). Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Pembelajaran Management File Microsoft Word. Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan.
Kusuma, N. R., Mustami, M. K., & Oslan, J. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Power Point Ispring Suite 8 Pada Konsep Sistem Ekskresi Di Sekolah Menengah Atas. Skripsi: UNM. Tidak diterbitkan.
Munir. (2014). Multimedia Konsep & Aplikasi Dalam Pendidikan. Antimicrobial Agents and Chemotherapy. https://doi.org/10.1128/AAC.03728-14..
Risdianto, E. (2019). Analisis Pendidikan Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0. Universits Bengkulu.
Sadiman, A. S. (2007). Media Pendidikan : Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Negara, R. I. T. K. (2019). Multimedia Interactive Development of Management Construction in S1 Building Engineering Education State University of Jakarta. Jurnal Pensil : Pendidikan Teknik Sipil, 8(2), 97 - 104. https://doi.org/10.21009/jpensil.v8i2.11966
Wijayanto, P. A., Utaya, S., & Astina, I. K. (2017). Increasing Student’s Motivation and Geography Learning Outcome Using Active Debate Method Assisted by ISpring Suite. International Journal of Social Sciences and Management.

Downloads

Published

2020-09-20

How to Cite

Denirian R.R, A., & Prihantono. (2020). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MATA KULIAH ILMU UKUR TANAH I: Studi pada Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pensil : Pendidikan Teknik Sipil, 9(3), 168–174. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i3.15493