HUBUNGAN BERPIKIR KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR DI MASA PANDEMI COVID 19

Authors

  • Endah Sri Wahyuni SMK Negeri 1 Jakarta
  • Henita Rahmayanti Universitas Negeri Jakarta
  • Ilmi Zajuli Ichsan Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/jpensil.v10i3.19275

Abstract

Abstrak

Dalam  pembelajaran daring, banyak kendala yang dihadapi baik siswa maupun guru, hal ini dikarenakan  siswa dan guru tidak dapat berinteraksi seperti pada pembelajaran tatap muka sehingga siswa mengalami kesulitan dalam menangkap materi yang disampaikan oleh guru. Untuk mendapatkan hasil belajar yang sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal, maka siswa dituntut untuk mandiri, mempunyai daya berpikir kritis dan motivasi belajar yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar korelasi/pengaruh antara berpikir kritis, motivasi belajar, dan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan adalah kuantitatif korelatif, dengan analisis data menggunakan SPSS. Pengambilan data dilakukan dengan sebaran angket melalui Google Form. Penelitian dilaksanakan di salah satu SMK Negeri di Jakarta dengan populasi siswa kelas X DPIB sebanyak 70 siswa dan sampel diambil 40 siswa. Hasil belajar yang di gunakan adalah hasil belajar nilai ketrampilan mata pelajaran Gambar Teknik yang diambil dari hasil nilai tugas selama satu semester. Hasil penelitian yang didapat ternyata kemampuan berpikir kritis siswa mempunyai korelasi dengan hasil belajar jika siswa memahami materi yang disampaikan oleh guru dan mempunyai media pembelajaran yang memadai, sedangkan semangat belajar mempunyai korelasi positif dengan derajat sedang dan signifikan terhadap hasil belajar. Jika semangat belajar tinggi, maka akan mendapatkan hasil belajar yang baik.

Kata kunci: Pembelajaran Daring, Berpikir Kritis, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Abstract

In online learning there are many obstacles faced by both students and teachers, this is because students and teachers cannot interact as in face-to-face learning so that students have difficulty capturing the material presented by the teacher. To get learning outcomes that are in accordance with the minimum completeness criteria, students are required to be independent, have critical thinking power and high learning motivation. This study aims to determine how big the correlation/influence between critical thinking, learning motivation and student learning outcomes. The method used is quantitative correlation, with data analysis using SPSS. The research was conducted in one of the State Vocational High Schools in Jakarta with a population of students of class X DPIB and 40 students were taken as samples. The learning outcomes used are the results of learning the value of the Engineering Drawing subject skills taken from the results of the value of the assignment for one semester. The results of the study showed that students' critical thinking skills had a correlation with learning outcomes if students understood the material presented by the teacher and had adequate learning media. Meanwhile, the spirit of learning has a positive correlation with moderate and significant degrees of learning outcomes. If the enthusiasm for learning is high, it will get good learning outcomes.

Keywords: Online Learning, Critical Thinking, Learning Motivation, Learning Outcomes

References

Arfandi, A. (2009). Pelaksanaan Praktek Kerja Industri Siswa Smk Program Keahlian Teknik Bangunan Di Kota Makassar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2(2), 119–131. https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.312
Bunt, B., & Gouws, G. (2020). Using an artificial life simulation to enhance reflective critical thinking among student teachers. Smart Learning Environments, 7(1), 12. https://doi.org/10.1186/s40561-020-00119-6
Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57
Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). The Role of Parents in Applying Learning at Home During the Covid Pandemic 19. Journal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 04(1), 4–6.
Davut Gul, M., & Akcay, H. (2020). Structuring a new socioscientific issues (SSI) based instruction model: Impacts on pre-service science teachers’ (PSTs) critical thinking skills and dispositions. International Journal of Research in Education and Science, 6(1), 141–159. https://doi.org/10.46328/ijres.v6i1.785
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89
Diana Novita, A. R. H. (2020). Plus Minus Penggunaan Aplikasi-Aplikasi Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Unimed Medan, June, 1–11.
Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 1–11.
Fisher, A. (2009). Berpikir Kritis Sebuah Pengantar (alih bahasa oleh Benyamin Hadinata).
Hidayah, N., & Anisa, W. (2019). Peningkatan Motivasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Menggunakan Model Think Pair Share Berbantuan Alat Peraga Bahan Bekas. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 165. https://doi.org/10.29240/jpd.v3i2.1186
Husnah, M. (2017). Hubungan Tingkat Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Journa of Physics and Science Learning (PASCAL), 01(2), 10–17.
Kansha Isfaraini Huurun’ien, Agus Efendi, A. G. T. (2017). Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Kejuruan ( JIPTEK ). Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Kejuruan, X(2), https://jurnal.uns.ac.id/jptk.
Mudita, I. K. A., Semara Putra, D. K. N., & Sujana, I. W. (2019). Korelasi Antara Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Penguasaan Kompetensi Inti Pengetahuan Ips Siswa. Mimbar Ilmu, 24(1), 36. https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17408
Nadeak, B., Juwita, C. P., Sormin, E., & Naibaho, L. (2020). Korelasi Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa dan Penggunaan Media Sosial terhadap Capaian Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 8(2), 98. https://doi.org/10.29210/146600
Nadeak, B., & Naibaho, L. (2020). the Effectiveness of Problem-Based Learning on Students’ Critical Thinking. Jurnal Dinamika Pendidikan, 13(1), 1–7. https://doi.org/10.33541/jdp.v13i1
Nuriansyah, F. (2020). Efektifitas Penggunaan Media Online Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Saat Awal Pandemi Covid-19. Jurnal Pendididikan Ekonomi Indonesia, 1(2), 61–65. https://ejournal.upi.edu/index.php/JPEI/article/view/28346
Rachmantika, A. R., & Wardono. (2019). Peran Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Matematika dengan Pemecahan Masalah. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 439–443.
Ramanta, D., & Dwi Widayanti, F. (2020). Pembelajaran Daring di Sekolah Menengah Kejuruan Putra Indonesia Malang pada Masa Pandemi COVID-19. Prosiding Seminar Bimbingan Dan Konseling, 0(0), 61–67. http://conference.um.ac.id/index.php/bk2/article/view/81
Rimbarizki, R. (2017). Penerapan Pembelajaran Daring Kombinasi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Paket C Vokasi Di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (Pkbm) Pioneer Karanganyar. J+Plus Unesa, 6(2), 1–12.
Saptono Yohanes Joko. (2016). Motivasi dan keberhasilan belajar siswa. Jurnal Pendidikan Agama Kristen, I(1), 189–212.
Sari, D. P., Rusmin, & Deskoni. (2018). Pengaruh Iklim Kelas Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di SMAN3 Tanjung Raja. Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 5(1), 80–88.
Sudira, P. (2013). Praksis Pendidikan Kejuruan Indonesia diantara Mazab John Dewey dan Charles Prosser. Seminar Pendidikan Vokasi Sebagai Disiplin Keilmuan, 1–13. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/dr-putu-sudira-mp/paper-seminar-ptk-putu-s-2013.pdf
Sugiono, S. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sulaiman, A., & Syakarofath, N. A. (2018). Berpikir Kritis: Mendorong Introduksi dan Reformulasi Konsep dalam Psikologi Islam. Buletin Psikologi, 26(2), 86. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38660
Susilo, A., Rumende, C. M., Pitoyo, C. W., Santoso, W. D., Yulianti, M., Herikurniawan, H., Sinto, R., Singh, G., Nainggolan, L., Nelwan, E. J., Chen, L. K., Widhani, A., Wijaya, E., Wicaksana, B., Maksum, M., Annisa, F., Jasirwan, C. O. M., & Yunihastuti, E. (2020). Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 7(1), 45. https://doi.org/10.7454/jpdi.v7i1.415








Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 51–65. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jppg/article/view/12462
Wiyono, B. B. (2007). Metodologi Penelitian (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Action Research). Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Downloads

Published

2021-09-30

How to Cite

Wahyuni, E. S. ., Rahmayanti, H. ., & Ichsan, I. Z. . (2021). HUBUNGAN BERPIKIR KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR DI MASA PANDEMI COVID 19. Jurnal Pensil : Pendidikan Teknik Sipil, 10(3), 120–129. https://doi.org/10.21009/jpensil.v10i3.19275

Most read articles by the same author(s)