PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-MODUL MATA KULIAH GAMBAR TEKNIK II DI PRODI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN

Authors

  • Andrey Andrey Universitas Negeri Jakarta
  • Arris Maulana Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/jpensil.v10i3.20154

Keywords:

Covid-19, learning material, E-modul, Engineering Drawing courses 2

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya covid-19 yang menimbulkan kebosanan bagi siswa dan Berkurangnya motivasi siswa untuk mendalami materi pembelajaran khususnya pada mata kuliah Menggambar Teknik 2. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat E-Module bahan ajar mata kuliah Gambar Teknik 2 Metode penelitian yang digunakan adalah metode 4D yang penerapannya dilakukan sampai dengan proses pengembangan produk. Analisis yang dilakukan dengan menyebarkan lift dengan Likert sebagai skala yang digunakan untuk mengubahnya menjadi data. Kuesioner disebarkan kepada ahli media, ahli materi dan mahasiswa yang sudah mengikuti mata kuliah Gambar Teknik 2 sebelumnya, kemudian dihitung rata-ratanya. Hasil yang diperoleh adalah skor dengan rata-rata keseluruhan sebesar 4,3 yang termasuk kategori baik. Kesimpulan dari penelitian yang dilakukan adalah bahan ajar yang dikembangkan termasuk dalam kategori layak, dan dapat digunakan sebagai bahan ajar pada mata kuliah Gambar Teknik 2.

Kata kunci: Covid-19, Bahan ajar, E-modul, Gambar teknik 2

 

Abstract

This research was motivated by covid-19 which caused boredom for students and Reduced motivation from students to explore the learning material especially in the Engineering Drawing course 2. The purpose of this study is to create E-Module teaching materials for the Engineering Drawing course 2. The research method used is the 4D method, the application of which is carried out up to the product development process. Analysis which is done by spreading the lift with a Likert as the scale used for turn it into data. The questionnaire was distributed to media experts, material experts and student that already followed the previous Engineering Drawing courses 2, then calculate the average. The results obtained are a score with an overall average of 4.3 which is included good category. The conclusion of the research conducted is the teaching materials developed is included in the feasible category, and can be used as teaching material in the Engineering Drawing courses 2.

Keywords: Covid-19, Learning material, E-modul, Engineering Drawing courses 2

References

Hapsari, N. (2016). Pengembangan E-modul Pengayaan Materi Pertumbuhan dan Perkembangan untuk Meningkatkan Kemandirian Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan BIologi, 5(5), 23–31.
Haryonik, Y., & Bhakti, Y. B. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Lembar Kerja Siswa Dengan Pendekatan Matematika Realistik. MaPan, 6(1), 40–55. https://doi.org/10.24252/mapan.2018v6n1a5
Hikmat, Hermawan, E., Aldim, & Irwandi. (2020). Efektivitas Pembalajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 : Sebuah Survey Online. Digital Library, UIN SUnan Gung Djati, Bandung, 1–7. http://digilib.uinsgd.ac.id/30625/
Kansha Isfaraini Huurun’ien, Agus Efendi, A. G. T. (2017). Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Kejuruan ( JIPTEK ). Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Kejuruan, X(2), https://jurnal.uns.ac.id/jptk.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Surat Edaran dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 2 Tahun 2020 (Issue 0). Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.
Muhammad, S. (2014). Efektivitas Pembelajaran Media E-Learning Berbasis Web Dan Konvensional Terhadap Tingkat Keberhasilan Belajar Mahasiswa (Issue April).
Mulyatiningsih, E. (2012). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Alfabeta.
Pawicara, R., & Conilie, M. (2020). Analisis Pembelajaran Daring Terhadap Kejenuhan Belajar Mahasiswa Tadris Biologi Iain Jember di Tengah Pandemi Covid-19. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), 29–38.
Pujiastutik Hernik. (2017). Efektivitas penggunaan media pembelajaran e- learning berbasis web pada mata kuliah belajar pembelajaran i terhadap hasil belajar mahasiswa. Jurnal Teladan, 4(1), 12.
Rivalina, R. (2017). Strategi Pemanfaatan E-Learning Dalam Mengatasi Keterbatasan Jumlah Dosen. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(2), 129–145.
Sari, D. P., Syofii, I., & Rukiyah. (2019). Pengembangan Modul Elektronik Berbasis POEI (Prediksi, Observasi, Ekperimen, Interpretasi) pada Mata Kuliah Fisika Teknik. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(3), 276–283.
Subekti, H. (2016). Representasi Penggunaan Media Digital Dan Pembelajaran Ber- Basis Penelitian: Sebuah Survei Untuk Mengukur Perilaku Pada Mahasiswa Baru Di Program Studi Pendidikan Sains Unesa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 1(1), 7–12.
Sulistyawati, T. E. (2020). Perspektif Aksiologi Terhadap Penurunan Minat Belajar Anak di Masa Pandemi. Aksiologi : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(1), 33–43. https://doi.org/10.47134/aksiologi.v1i1.16
Ucu, N. L., Paturusi, S. D. E., & Sompie, S. R. U. A. (2018). Analisa Pemanfaatan E-Learning Untuk Proses Pembelajaran. Jurnal Teknik Informatika, 13(1). https://doi.org/10.35793/jti.13.1.2018.20196
Widiyoko, E. . (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2021-09-30

How to Cite

Andrey, A., & Maulana, A. . (2021). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-MODUL MATA KULIAH GAMBAR TEKNIK II DI PRODI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN. Jurnal Pensil : Pendidikan Teknik Sipil, 10(3), 160–165. https://doi.org/10.21009/jpensil.v10i3.20154