PENGEMBANGAN WEB PEMBELAJARAN PADA MATA KULIAH GAMBAR TEKNIK II FT UNJ
DOI:
https://doi.org/10.21009/jpensil.v10i2.20381Keywords:
Web, Gambar Teknik II, Moodle, ADDIEAbstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis web pada mata kuliah Gambar Teknik II. Penelitian ini termasuk metode penelitian Research and Development (R&D) dengan model penelitian pengembangan ADDIE yang dilakukan dalam lima tahap, yaitu analisis, perancangan, implementasi dan evaluasi. Penelitian pengembangan ini menggunakan instrumen non tes berupa angket. Angket digunakan untuk validasi produk yang dilakukan oleh ahli desain pembelajaran, ahli materi dan ahli media juga menambah penilaian mahasiswa yang telah mengikuti Gambar Teknik II. Hasil kelayakan produk berupa web pembelajaran dengan hasil validasi yaitu ahli desain pembelajaran memperoleh persentase sebesar 62% dengan kategori layak, ahli media mendapatkan persentase sebesar 88% dengan kategori sangat layak dan ahli materi mendapatkan persentase sebesar 90% dengan kategori sangat layak. Untuk hasil belajar siswa, penilaian yang diperoleh yaitu 80% dengan kategori layak dan dari hasil keefektifan produk diperoleh hasil pretest 54,66 dan hasil posttest 82,73. Dapat disimpulkan bahwa web pembelajaran mata kuliah Gambar Teknik II sudah layak dan layak digunakan.
Kata kunci: Web, Gambar Teknik II, Moodle, ADDIE
Abstract
This study aims to develop learning media web-based on the Engineering Drawing II course. This research includes research methods Research and Development (R&D) with a research model ADDIE development is carried out in five stages, namely analysis, design, development, implementation, and evaluation. This development research using a non-test instrument in the form of a questionnaire. Questionnaires are used for validation products carried out by instructional design experts, material experts and media experts also add to the assessments of students who have taken courses Engineering Drawing II. The product feasibility results are in the form of a learning web with the results of expert validation, namely instructional design experts obtained a percentage of 62% with the "feasible" category, media experts get a percentage of 88% with category "very feasible" and material experts get a percentage of 90% with category "very decent". For the results of the student, assessment obtained an average percentage score of 80% with the "feasible" category and from the results of the effectiveness of the product obtained 54.66 pretest results and 82.73 posttest results. It can be concluded that the learning web for the Engineering Drawing II course is appropriate and feasible used.
Keywords: Web, Engineering Drawing II, Moodle, ADDIE
References
Chandrawati, sri rahayu. (2010). Pemanfaatan E-Learning Dalam Pembelajaran. Jurnal Cakrawala Kependidikan, 8(2).
Gede, D., Divayana, H., Suyasa, P. W. A., dan Sugihartini, N. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Untuk Matakuliah Kurikulum dan Pengajaran di Jurusan Pendidikan Teknik Informatika Universitas Pendidikan Ganesha. 5(3).
Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemanfaatan Learning Management System (Lms) Sebagai Media Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19. Journal of Information System, Informatics and Computing, 4(2), 1. https://doi.org/10.52362/jisicom.v4i2.312
Herbimo, W. (2020). Penerapan Aplikasi Moodle Sebagai Salah Satu Model Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 107–113.
Muazizah, N. M., Nurhayati, S., & Cahyono, E. (2016). Keefektifan Penggunaan E-Learning Berbasis Moodleberpendekatan Guided Inquiry Terhadap Hasil Belajarsiswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 10(2), 1760–1768.
Sudiana, R. (2016). Efektifitas Penggunaan Learning Management System Berbasis Online, 9(2), 201–209.
Turrahma, A., Satyariza, E. N., & Ibrahim, A. (2018). Pemanfaatan E-Learning Berbasis Lcms Moodle Dalam Peningkatan Efisiensi Dan Efektivitas Serta Kualitas Media Pembelajaran Siswa Di Man Sakatiga. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 6(3), 327.
Isya, Muhammad Andi. (2017). Pengembangan model pembelajaran instruksional design dengan model Addie mata. 7(1)
Januarisman, E., dan Ghufron, A. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Siswa Kelas Vii. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(2). https://doi.org/10.21831/jitp.v3i2.8019
Purwoto, Asep Dwi (2017) Pengembangan Web Pembelajaran Fisika Sebagai Media Pembelajaran Mata Kuliah Fisika Kuantum [Skripsi]. Lampung: UIN Raden Intan Lampung
Sari, A. O. (2015). Perancangan Media Pembelajaran Siswa Berbasis E-Learning Dengan Metode Waterfall Studi Kasus : SMAN 44 JAKARTA. Jurnal Paradigma, XVII(1).
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
Tirto. (2017). “Selamat Tinggal Generasi Mileneal, Selamat Datang Generasi Z”. Tersedia secara online di www.Tirto.id [diakses di Bogor, Indonesia: 23 Desember 2020].
Wibawanto, H. (2016). Generasi Z dan pembelajaran di Pendidikan Tinggi. Simposium Nasional Pendidikan Tinggi. Bandung (ID).[internet].[diunduh pada tanggal 5 maret 2018]. Tersedia pada: http://event. elearning. itb. ac. id/assets/download/materi3. pdf.