IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DARI K-13 REVISI PADA KOMPETENSI KEAHLIAN DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN (Studi Kasus di SMK Negeri 1 Jakarta)
DOI:
https://doi.org/10.21009/jpensil.v8i1.8403Keywords:
Scientific Approach, Curriculum K-13 Revision, RPPAbstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan saintifik K-13 Revisi dan kesesuaian RPP dengan aplikasinya dalam pembelajaran. Tempat penelitian di kompetensi keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 1 Jakarta, yang beralamat di jalan Budi Utomo No.7, Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10710.
Metode penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa dan guru SMK Negeri 1 Jakarta kompetensi keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan yang berjumlah 180 peserta didik dan 8 guru. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 siswa dari kelas X (sepuluh) dan 2 guru Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada responden dan dengan melakukan pengamatan langsung kepada guru yang sedang mengajar.
Hasil penelitian adalah bahwa dalam kegiatan pembelajaran, pendekatan saintifik sudah dilaksanakan dalam setiap kegiatan, yaitu kegiatan mengamati, kagiatan menanya, kegiatan mengumpulkan informasi, kegiatan mengasosiasi, dan kegiatan mengkomunikasikan dengan baik, namun masih belum maksimal dalam kegiatan mengumpulkan informasi. Guru juga belum sepenuhnya melaksanakan pembelajaran sesuai dengan RPP karena masalah waktu dan karakter siswa yang berbeda-beda.
Kata kunci: Pendekatan Saintifik, K-13 Revisi, RPP
Abstract
This research aims to describe the implementation of the scientific approach curriculum K-13 revision and suitability of RPP with its application in learning. The place is in Modeling Design and Building Information SMKN 1 Jakarta, address at Jalan Budi Utomo No.7, Pasar Baru, Sawah Besar, Center Jakarta, Special Capital Region of Jakarta 10710.
The methode of the research is quantitative descriptive research. The population in this study are students and teachers of SMKN 1 Jakarta majoring in Modeling Design and Building Information totaling 180 students and 8 teachers. The sample in this study are 100 students from class X (ten) and 2 teachers from Modeling Design and Building Information. Data collection techniques using questionnaires distributed to respondents and by making observations directly to teachers who are teaching.
The results is that in the learning activities, the scientific approach was well implemented in every activity, namely observing activities, asking questions, collecting information, associating activities, and communicating, but still not maximized in collecting information. The teacher also had not fully implemented the learning in accordance with the RPP because of the time and different character problems of students.
Keywords: Scientific Approach, Curriculum K-13 Revision, RPP.