PENGEMBANGAN ALAT PENILAIAN PRAKTIK SPOTTING MENGGUNAKAN APLIKASI VE. RUBRIC DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN AKOMODASI PERHOTELAN

Authors

  • Nur Fitri Rosyida Mahasiswa

DOI:

https://doi.org/10.21009/jppv3i1.02

Keywords:

Pengembangan, Alat Penilaian Praktik, Spotting, VE. Rubric

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan alat penilaian di sekolah yang belum sesuai dengan SOP hotel dan perkembangan teknologi di dunia pendidikan, karena saat ini masih dilakukan secara konvensional (paper-based). Kondisi tersebut menunjukkan perlunya pengembangan alat penilaian praktik yang sesuai SOP hotel dan berbasis digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat penilaian praktik spotting menggunakan aplikasi VE. Rubric di Sekolah Menengah Kejuruan Akomodasi Perhotelan. Metode yang digunakan dalam melakukan penelitian ini adalah deskriptif dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, implementation, and Evaluation). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, expert judgement, dan respon usability. Hasil validasi pengembangan alat penilaian praktik spotting adalah: (1) ahli penilaian menilai sangat layak dengan persentase sebesar (85,7%), dan (2) ahli materi menilai sangat layak dengan persentase sebesar (96%). Hasil capaian peserta didik pada tahap implementasi yang diuji reliabilitas interrater menggunakan SPSS dengan metode Cronbach Alpha mendapatkan hasil sebesar (0.592) dengan tingkat reliabilitas cukup tinggi. Evaluasi dilakukan melalui pengisian kuesioner usability kepada dua orang guru pengampu mata pelajaran laundry dengan hasil persentase (79%) yang dinyatakan layak. Hasil perolehan data menunjukkan bahwa alat penilaian praktik spotting menggunakan aplikasi VE. Rubric layak untuk diimplementasikan di SMK Akomodasi Perhotelan.

Downloads

Published

2023-05-30