PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP STUDENT ENGAGEMENT SISWA PADA MATA PELAJARAN FRONT OFFICE DI SMK
DOI:
https://doi.org/10.21009/JPPV4i2.08Keywords:
motivasi belajar, siswa, smk, student engagementAbstract
Motivasi belajar yang kuat dapat meningkatkan student engagement dalam mata pelajaran Front
Office. Misalnya, siswa yang memiliki orientasi tujuan intrinsik akan merasa lebih tertarik dan antusias
mempelajari prosedur pelayanan pelanggan karena minat pribadi. Sebaliknya, siswa dengan orientasi
tujuan ekstrinsik mungkin terdorong untuk lebih aktif belajar demi mendapatkan nilai tinggi,
penghargaan atau pengakuan dari orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
motivasi belajar terhadap student engagement siswa pada mata pelajaran front office di smk. Metode
penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif dan pengambilan data pada bulan Juni 2024.
Penelitian dilakukan dengan menyebar kuesioner menggunakan Google Form. Sampel penelitian
dipilih menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 100 siswa yang
mempelajari mata pelajaran front office. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa motivasi belajar
berpengaruh signifikan terhadap student engagement siswa (p-value = 0,000 < 0,05). Penelitian ini
menunjukkan bahwa semakin tinggi motivasi belajar siswa maka semakin tinggi pula student
engagementnya dan sebaliknya jika motivasi belajar siswa rendah maka semakin rendah pula student
engagementnya