PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN F&B SERVICE SMKN 27 JAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.21009/JPPV4i2.07Keywords:
minat belajar siswa, pengembangan media, video animasiAbstract
Perkembangan teknologi yang terus maju memiliki dampak besar dalam kehidupan, terutama di sektor pendidikan, di mana teknologi digunakan untuk meningkatkan pengalaman belajar melalui berbagai media pembelajaran. Dalam konteks pendidikan, seorang guru dapat menggunakan teknologi sebagai sarana yang beragam dan menarik dengan menciptakan materi pembelajaran berupa video animasi, sehingga proses belajar menjadi lebih beragam daripada hanya mengandalkan metode ceramah. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan dan mengetahui keefektifan media pembelajaran berbasis video animasi untuk meningkatkan minat belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media video animasi dengan menggunakan prettest dan posttest pada mata pelajaran f&b service SMKN 27 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE yang merupakan kepanjangan dari Analyze (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (pelaksanaan), dan Evaluation (evaluasi). Menggunakan teknik analisis deskriptif menggunakan data kuantitatif. Dalam penelitian ini, populasi terdiri dari 15 siswa kelas XI Perhotelan 1 SMKN 27 Jakarta yang menjalani uji coba kelompok kecil (small group), sedangkan sampel penelitiannya mencakup 3 siswa dengan kategori masing-masing: unggul, sedang, dan kurang pintar, yang melalui uji coba perorangan (one to one). Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadinya peningkatan minat belajar siswa terhadap media video animasi berdasarkan hasil pretest dan posttest. Dengan demikian, video animasi sebagai media pembelajaran efektif dan dapat meningkatkan minat belajar siswa.