PENGARUH PERSEPSI SISWA SMK PADA MATA PELAJARAN PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP ENTREPRENEURIAL POTENTIAL
DOI:
https://doi.org/10.21009/JPPV4i2.06Keywords:
entrepreneurial potential, mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan, pembelajaran, persepsi siswa, sekolahAbstract
Dalam proses pembelajaran, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) membekali siswa dengan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan dalam berwirausaha. Persepsi siswa pada mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKK) memegang peranan yang sangat strategis dalam menanamkan sikap kewirausahaan bagi siswa, sehingga mindset siswa SMK berubah dari lulus dan mencari pekerjaan menjadi lulus dan menjadi pengusaha/entrepreneur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa SMK pada mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan terhadap entrepreneurial potential. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif dan pengambilan data pada bulan Juni-Juli 2024. Penelitian dilakukan menggunakan pengisian kuesioner, sampel penelitian dipilih menggunakan teknik sampel simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 167 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi siswa SMK pada mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap entrepreneurial potential. Artinya, semakin tinggi persepsi siswa SMK pada mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan, semakin tinggi minat siswa dalam berwirausaha.