ANALISIS LOYALITAS KERJA KARYAWAN DI UNP HOTEL & CONVENTION CENTER PADANG
DOI:
https://doi.org/10.21009/JPPV4i2.05Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena terdapat permasalahan yang terjadi mengenai loyalitas para karyawan di UNP Hotel & Convention Center Padang. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis loyalitas karyawan di UNP Hotel & Convention Center Padang yang ditinjau dari indikator: 1) Ketaatan atau kepatuhan, 2) Bertanggung jawab, 3) Pengabdian, dan 4) Kejujuran. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan data kualitatif yang diperoleh melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan informan penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Setelah itu, data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, pengambilan kesimpulan dan verifikasi.
Secara keseluruhan, hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis loyalitas kerja karyawan UNP Hotel & Convention Center Padang ditinjau dari indikator: 1) Ketaatan atau kepatuhan, hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian karyawan belum sepenuhnya mematuhi peraturan yang berlaku, seperti ketepatan waktu dan penggunaan seragam yang sesuai. 2) Bertanggung jawab, para karyawan telah menunjukkan sikap tanggung jawab dengan melaksanakan job desk sesuai instruksi dan melakukan overhandle kepada karyawan shift berikutnya. 3) Pengabdian, karyawan menunjukkan pengabdian dengan siap melakukan overtime dan bekerja pada hari libur demi kepentingan hotel. 4) Kejujuran, karyawan UNP Hotel & Convention Center Padang menunjukkan kejujuran dalam pekerjaan mereka, baik dalam berkomunikasi maupun dalam menjaga kualitas produk dan layanan.
Kata kunci: Hotel, Karyawan hotel, Loyalitas karyawan