PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PERSONAL GROOMING UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI HOUSEKEEPING DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
DOI:
https://doi.org/10.21009/JPPV4i2.03Keywords:
Housekeeping, Pengembangan, Personal Grooming, Sekolah Menengah Kejuruan, Video PembelajaranAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan penerapan dan aktualisasi hasil belajar personal grooming peserta didik yang kurang maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kompetensi Housekeeping peserta didik di Sekolah Menengah Kejuruan melalui pengembangan video pembelajaran personal grooming. Metode penelitian ini menggunakan mix method yang pendekatannya Research and Development (R&D) dengan model PPE yaitu Planning, Production, Evaluation. Partisipan dalam penlitian ini adalah 2 ahli materi dan 2 ahli media, 2 guru perhotelan SMK Negeri 1 Cisarua sebagai pengguna video pembelajaran personal grooming, serta 3 peserta didik kelas X perhotelan dalam praktik personal grooming. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik observasi dan wawancara, expert judgement, uji coba terbatas kepada guru perhotelan SMK Negeri 1 Cisarua sebagai pengguna, serta praktik personal grooming kepada peserta didik dengan pre-test dan post-test, serta uji nilai N-Gain. Hasil validasi pengembangan video pembelajaran personal grooming adalah: (1) hasil validasi dari ahli materi memperoleh kategori sangat layak. (2) hasil validasi dari ahli media memperoleh kategori sangat layak. (3) hasil uji coba terbatas kepada guru perhotelan SMK Negeri 1 Cisarua sebagai pengguna video pembelajaran personal grooming memperoleh kategori sangat bermanfaat. (4) hasil praktik video pembelajaran personal grooming kepada peserta didik memperoleh perubahan signifikan dengan kategori sangat kompeten. (5) hasil uji nilai N-Gain memperoleh kategori efektif. Saran yang dapat disampaikan khususnya kepada guru bahwa video pembelajaran dapat digunakan sebagai media pembelajaran dalam proses pembelajaran personal grooming.