Pengembangan Alat Peraga Momentum dengan Sistem Sensor

Authors

  • Upik Rahma Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Jakarta, Jakarta 13220
  • Desnita Desnita Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Jakarta, Jakarta 13220
  • Raihanati Raihanati Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Jakarta, Jakarta 13220

DOI:

https://doi.org/10.21009/1.01212

Abstract

Abstract
This research aims to develop the props with the concept of momentum by using motion sensors. The method used is a method of research and development (Research and Development). In the implementation of the study outlines the development of research carried out in two stages: Theoretical and Empirical. Results of this research is a props momentum that has been developed and can be used by high school teachers who will perform physical demonstration of the momentum of an object. This tool can also be used as a media demonstration teacher for high school students to explain the physics of matter other. From the test results Viewer tool development momentum in SMAN 100 Jakarta indicate that the tool has been able to meet the expectations of teachers and learners in the orientation of the development of the various needs of props for high school students in the learning process of physics. Based on the results of this study concluded that, with the development of props momentum sensor system has met the criteria of props as a medium of learning physics.
Keywords: learning media devlopment, learning media momentum with sensor systems, instructional media.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mengembangkan alat peraga dengan konsep momentum dengan menggunakan sensor gerak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan (Research and Development). Dalam pelaksanaan penelitian secara garis besar penelitian pengembangan dilaksanakan dalam dua tahap yaitu Teoritik dan Empiris. Hasil penelitian ini adalah sebuah alat peraga momentum yang sudah dikembangkan dan dapat digunakan oleh guru SMA yang akan melakukan peragaan fisika tentang momentum suatu benda. Alat ini juga dapat dipakai guru sebagai media demonstrasi bagi siswa SMA untuk menjelaskan materi fisika lainnya. Dari hasil uji coba pengembangan Alat Peraga Momentum di SMAN 100 Jakarta menunjukan bahwa alat telah mampu memenuhi harapan bagi guru dan peserta didik dalam orientasi pengembangan berbagai kebutuhan alat peraga bagi siswa SMA dalam proses pembelajaran fisika. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, pengembangan alat peraga momentum dengan sistem sensor telah memenuhi keriteria alat peraga sebagai media pembelajaran fisika.
Kata-kata kunci: pengembangan alat peraga, alat peraga momentum dengan sistem sensor, media pembelajaran.

Downloads

Published

2015-12-30

How to Cite

Rahma, U., Desnita, D., & Raihanati, R. (2015). Pengembangan Alat Peraga Momentum dengan Sistem Sensor. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 1(2), 75–80. https://doi.org/10.21009/1.01212

Most read articles by the same author(s)

> >>