Perangkat Perkuliahan Terpadu Berbasis KPS untuk Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Fisika Mengembangkan Lembar Kerja Siswa

Authors

  • Wirda Nilawati Progran Studi Pendidikan Fisika FMIPA UNJ
  • Desnita Desnita Progran Studi Pendidikan Fisika FMIPA UNJ
  • Nurdi Akbar Progran Studi Pendidikan Fisika FMIPA UNJ

DOI:

https://doi.org/10.21009/1.03114

Abstract

Abstract

Developing Student Worksheet is one of the competences that must be mastered by Physics Education Student of FMIPA Universitas Negeri Jakarta. An integrated lecture tool has been developed to train students' writing competencies in the Physics Worksheet. This development research applies the ASSURE model. Lecture devices have been tested against physics education students. Students give very good appreciation to the lecture, by giving average score equal to 83.97. Students' performance in preparing the Student Worksheet physics subjects is also very good, which is shown by the average of student performance compiled the Subject Student Worksheet 84.52. Based on the results of testing the use of educational tools to students of education students FMIPA Universitas Negeri Jakarta showed that the lecture tools are worthy to be used as teaching materials.

Keywords: Integrated lecturing tools, KPS, Student Worksheet.

Abstrak

Mengembangkan Lembar Kerja Siswa merupakan salah satu kompetensi yang harus dikuasai oleh Mahasiswa Pendidikan Fisika FMIPA UNJ. Telah dikembangkan perangkat perkuliahan terpadu untuk melatih kompetensi mahasiswa menulis Lembar Kerja Siswa mata pelajaran fisika. Penelitian pengembangan ini menerapkan model ASSURE. Perangkat perkuliahan sudah diujicoba terhadap mahasiswa pendidikan fisika. Mahasiswa memberikan apresiasi sangat baik terhadap perangkat perkuliahan, dengan memberikan skor rerata sebesar 83,97. Kinerja mahasiswa menyusun Lembar Kerja Siswa mata pelajaran fisika juga sangat baik, yang ditunjukan oleh rerata nilai kinerja mahasiswa menyusun Lembar Kerja Siswa mata pelajaran  sebesar 84,52. Berdasarkan hasil ujicoba penggunaan perangkat pekuliahan terhadap mahasiswa pendidikan mahasiswa FMIPA UNJ menunjukan bahwa perangkat perkuliahan terpadu layak digunakan sebagai bahan ajar.

Kata-kata Kunci: Perangkat Perkuliahan Terpadu, KPS, Lembar Kerja Siswa.

Published

2017-06-30

How to Cite

Nilawati, W., Desnita, D., & Akbar, N. (2017). Perangkat Perkuliahan Terpadu Berbasis KPS untuk Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Fisika Mengembangkan Lembar Kerja Siswa. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(1), 103–110. https://doi.org/10.21009/1.03114

Most read articles by the same author(s)

> >>