EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN SEKKAU DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI ATLAS.TI

Authors

  • Soleh Universitas Negeri Jakarta

Keywords:

Evaluasi Program, Aplikasi ATLAS.ti, Pendidikan Sekkau, CIPP Model Stufflebeam, Four Levels Model Kirkpatrick

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data empirik dan analitik terhadap masalah-masalah yang substansif dan penting yang mempengaruhi pelaksanaan Program Pendidikan Sekolah Komando Kesatuan Angkatan Udara (Sekkau) dengan menggunakan Aplikasi Network ATLAS.ti. Penelitian dilaksanakan mulai Juli 2019 sampai dengan Maret 2020 di Markas Sekkau, Jalan Rajawali No 1 Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta Timur, Mabesau dan Lanud-lanud terkait. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif dengan model CIPP David Stufflebeam dan model evaluasi Four Models Kirkpatrick dengan menggunakan aplikasi alat bantu analisis ATLAS.ti untuk mengevaluasi hasil dan manfaat keterlaksanaan pendidikan Sekkau. Responden dalam penelitian ini adalah Perwira Siswa Sekkau yang saat ini belajar, Alumni Sekkau yang sudah berdinas di satuan-satuan TNI AU, Instruktur dan Pejabat-pejabat yang memiliki kewenangan dan kebijakan terhadap institusi Sekkau. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau), Asisten Personel Kepala Staf Angkatan Udara (Aspers Kasau), Komandan Komando Pendidikan dan Latihan Angkatan Udara (Dankodiklatau), Kepala Dinas Pendidikan Angkatan Udara (Kadisdikau), Komandan Sekkau, Dosen dan Pejabat Sekkau, Komandan Lanud sebagai pengguna dan alumni Sekkau angkatan ke-104, 105 dan 106 tahun 2018-2019. Pemilihan sampel maupun informan disesuaikan dengan kondisi lingkungan dan jumlah narasumber yang akan diambil yaitu narasumber yang dianggap dapat mewakili dan memahami permasalahan yang diteliti. Hasil temuannya adalah: (1) Komponen Context; Program pendidikan Sekkau telah sesuai dengan komponen latar belakang atau konteks program, yang dilihat berdasarkan aspek kebijakan, aspek needs assessment dan aspek tujuan, (2) Komponen Input; Masukan perencanaan program terhadap kesiapan pendidikan Sekkau secara umum dalam kondisi yang cukup mendukung untuk efektivitas program pendidikan Sekkau dilihat berdasarkan aspek sumber daya manusia, aspek kurikulum pendidikan, aspek fasilitas pendidikan, dan aspek anggaran, (3) Komponen Process; Implementasi pelaksanaan program pendidikan Sekkau melalui evaluasi CIPP Model Stufflebeam secara umum sudah dilakukan dengan baik, hal ini dapat juga dilihat melalui evaluasi Four Levels Model Kirkpatrick berdasarkan tahap reaksi (reactions) pada aspek ketepatan waktu, metode dan penerapan media pembelajaran, supervisi dan monitoring, pengembangan sumber daya manusia, rekrutmen tenaga pendidik dan kependidikan serta pelayanan terhadap siswa. Demikian juga dapat dilihat pada tahap pembelajaran (learning) dalam aspek materi pembelajaran, (4) Komponen Product; Pencapaian product dari program pendidikan Sekkau secara umum sudah baik dilihat dari aspek kuantitas dan kualitas hasil didik serta aspek manfaat dan dampak. Walaupun secara umum hasil evaluasi program Pendidikan Sekkau sudah baik, namun masih ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan untuk ditingkatkan seperti aspek sumber daya manusia, fasilitas pendidikan, media pembelajaran, rekrutmen tenaga pendidik serta manfaat dan dampaknya bagi lingkungan kerjanya. Kebaruan pada penelitian ini adalah evaluasi program pendidikan Sekkau diperoleh melalui dua desain model yaitu menggunakan model evaluasi CIPP David Stufflebeam dan model evaluasi Four Models Kirkpatrick dengan menggunakan aplikasi ATLAS.ti yang belum pernah dilakukan sebelumnya di TNI AU. Hal inilah yang merupakan kebaruan yang dihasilkan dari penelitian ini.

Downloads

Published

2020-08-26