PELATIHAN MEMBACA PELUANG USAHA DI DAERAH SEKITAR DAN CARA MEMULAI USAHA PADA SISWA SMK NEGERI 1 RAHA

  • Fitriana Universitas Negeri Malang
Keywords: community service, contextual learning, entrepreneurship

Abstract

Abstract

This community service was carried out in October 2020, which aims to provide a new atmosphere in the midstof the covid-19 pandemic which more or less makes students feel bored in participating in classroom learning,fosters interest in entrepreneurship, and attempts to foster student creativity in filling spare time. in the midst ofa pandemic.The community service method is carried out by giving lectures on how to start a business and reading businessopportunities, giving assignments to students, conducting evaluations and providing space for onlineconsultations. Lectures are carried out 3 times, and assignments are given 3 times. The tasks given are contextualin that students are asked to analyze business opportunities that exist in the surrounding environment, makebusiness proposals and analyze potential customers as well as conduct a SWOT analysis of the business they wantto do. Consultation is given in the middle of doing assignments by students if students find it difficult. The resultsof this community service are: some students do their job well, are enthusiastic in consulting, ask questions relatedto the business they want to be in, and some students are interested in starting a business.


Abstrak

Pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan pada bulan Oktober tahun 2020, yang bertujuan untuk memberikan atsmosfer baru ditengah pandemi covid-19 yang sedikit banyak telah membuat siswa merasakan kejenuhan dalam mengikuti pembelajaran di kelas, menumbuhkan minat berwirausaha, serta sebagai upaya menumbuhkan kreativitas siswa dalam mengisi waktu luang ditengah pandemi.Metode pengabdian masyarakat dilakukan dengan cara memberikan ceramah tentang bagaimana memulai bisnisdan membaca peluang usaha, pemberian tugas kepada siswa, melakukan evaluasi serta pemberian ruang untukkonsultasi secara online. Ceramah dilakukan sebanyak 3 kali, begitu juga tugas diberikan sebanyak 3 kali.Penugasan yang diberikan bersifat konstektual, yaitu siswa diminta untuk melakukan analisis mengenai peluang-peluang bisnis yang ada di lingkungan sekitar, membuat proposal bisnis serta menganalisis pelanggan-pelangganyang potensial serta melakukan analisis SWOT dari usaha yang ingin digelutinya. Konsultasi diberikan ditengah-tengah pengerjaan tugas oleh siswa jika siswa merasakan kesulitan.Hasil dari pengabdian masyarakat ini yaitu: sebagian siswa mengerjakan tugasnya dengan baik, antusias dalamberkonsultasi, menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan usaha yang ingin digeluti, dan sebagian siswaberminat untuk memulai bisnis.

Published
2021-12-20
How to Cite
Fitriana. (2021). PELATIHAN MEMBACA PELUANG USAHA DI DAERAH SEKITAR DAN CARA MEMULAI USAHA PADA SISWA SMK NEGERI 1 RAHA. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), SNPPM2021P-408 . Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm/article/view/25655