ANALISIS PENGUKURAN TINGKAT KESIAPAN PENERAPAN E COMMERCE: STUDI KASUS MASYARAKAT DESA PANTAI MEKAR, MUARA GEMBONG, KAB BEKASI, JAWA BARAT

Authors

  • Muhammad Rifan Universitas Negeri Jakarta
  • Ermi Media’s Universitas Negeri Jakarta
  • Rafif A Wicaksono Universitas Negeri Jakarta
  • Rafi Harkhan Universitas Negeri Jakarta

Keywords:

online shopping, technology readiness, e-commerce, kesiapan teknologi, toko online

Abstract

Abstract 

One of the government's strategies to support national economic growth is to encourage the use of the digital economy through the development of human resources, especially digital talents who have skills in science and  technology. In supporting the digital talent development policy for human resources, UNJ conducted online  marketing training utilizing a marketplace for the people of Pantai Mekar Muara Gembong Village, Bekasi, West  Java. This study aims to measure the level of readiness of the people of Pantai Mekar Muara Gembong Village,  Bekasi, West Java, P2M participants in the training conducted. The method used in this study is descriptive  analytical about the phenomena found, in the form of knowledge factors and technological factors to support the  use of the marketplace. The number of respondents was 20 people with the result that the level of readiness of the  people of Pantai Mekar Muara Gembong Village, Bekasi, West Java is in a Very Ready position with a knowledge  factor of 80% and a technology factor of 100%. 

 

Abstrak 

Salah satu strategi pemerintah mendukung pertumbuhan ekonomi nasional adalah mendorong pemanfaatan  ekonomi digital melalui pengembangan sumber daya manusia khususnya talenta digital yang memiliki  keterampilan dalam sains dan teknologi. Dalam mendukung kebijakan pengembangan talenta digital bagi sumber  daya manusia, UNJ melakukan pelatihan pemasaran online memanfaatkan marketplace bagi masyarakat Desa  Pantai Mekar Muara Gembong, Bekasi, Jawa Barat. Penelitian ini bertujuan mengukur tingkat kesiapan  masyarakat Desa Pantai Mekar Muara Gembong, Bekasi, Jawa Barat, peserta P2M pada pelatihan yang  dilakukan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif analitis mengenai fenomena yang  ditemukan, berupa faktor pengetahuan dan faktor teknologi untuk mendukung pemanfaatan marketplace. Jumlah  responden sebanyak 20 orang dengan hasil bahwa tingkat kesiapan masyarakat Desa Pantai Mekar Muara  Gembong, Bekasi, Jawa Barat di posisi Sangat Siap dengan faktor pengetahuan sebesar 80% dan faktor teknologi  sebesar 100%.

Downloads

Published

2022-12-20

How to Cite

Rifan, M., Media’s, E., Wicaksono, R. A., & Harkhan, R. (2022). ANALISIS PENGUKURAN TINGKAT KESIAPAN PENERAPAN E COMMERCE: STUDI KASUS MASYARAKAT DESA PANTAI MEKAR, MUARA GEMBONG, KAB BEKASI, JAWA BARAT. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), SNPPM2022ST-52 - SNPPM2022ST-58. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm/article/view/33315

Similar Articles

<< < 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.