ANALISIS POTENSI PENGEMBANGAN PEMASARAN ONLINE OBJEK WISATA DESA BOJONG KONENG BABAKAN MADANG KAB BOGOR JAWA BARAT
Keywords:
Tourism Development, Online Marketing, SWOTAbstract
Abstract
This study aims to obtain potential factors in developing the marketing of Bojong Koneng Babakan Madang Village Objects, Bogor Regency, West Java, online. The method used is a descriptive qualitative method by describing the existing circumstances. Data collection techniques are carried out through observation, interviews, documentation and questionnaires to the public. The analysis technique used is SWOT analysis. Based on the results of the study, it was found that Bojong Koneng Babakan Madang Village Tourism Object has the potential to be developed using online marketing with existing strengths, namely the number of human resources and the variety of tourist destinations, the opportunities they have, namely close to the capital city, local government support, relatively cheap prices and a natural atmosphere. Meanwhile, there are weaknesses due to relatively limited access, as well as the threat of land problems.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan faktor-faktor yang berpotensi dalam mengembangkan pemasaran Obyek Desa Bojong Koneng Babakan Madang Kabupaten Bogor Jawa Barat secara online. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan menggambarkan keadaan yang ada. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan kuesioner kepada masyarakat. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis SWOT. Berdasarkan hasil penelitian, didapat bahwa Objek Wisata Desa Bojong Koneng Babakan Madang berpotensi dikembangkan menggunakan pemasaran online dengan kekuatan yang ada yaitu jumlah SDM dan beragamnya destinasi wisata, peluang yang dimiliki yaitu dekat dengan Ibu Kota, dukungan pemda, harga yang relatif murah dan suasana yang alami. Sementara itu terdapat kelemahan karena akses yang relatif terbatas, serta ancaman permasalahan lahan.