ANALISIS POTENSI PENGEMBANGAN PEMASARAN ONLINE OBJEK WISATA DESA BOJONG KONENG BABAKAN MADANG KAB BOGOR JAWA BARAT

  • Muhammad Rifan Universitas Negeri Jakarta
  • Nur Hanifah Universitas Negeri Jakarta
  • Soeprijanto Universitas Negeri Jakarta
  • M. Djaohar Universitas Negeri Jakarta
  • Massus Subekti Universitas Negeri Jakarta
  • Parjiman Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Tourism Development, Online Marketing, SWOT

Abstract

Abstract 

This study aims to obtain potential factors in developing the marketing of Bojong Koneng Babakan Madang  Village Objects, Bogor Regency, West Java, online. The method used is a descriptive qualitative method by  describing the existing circumstances. Data collection techniques are carried out through observation, interviews,  documentation and questionnaires to the public. The analysis technique used is SWOT analysis. Based on the  results of the study, it was found that Bojong Koneng Babakan Madang Village Tourism Object has the potential  to be developed using online marketing with existing strengths, namely the number of human resources and the  variety of tourist destinations, the opportunities they have, namely close to the capital city, local government  support, relatively cheap prices and a natural atmosphere. Meanwhile, there are weaknesses due to relatively  limited access, as well as the threat of land problems. 

 

Abstrak 

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan faktor-faktor yang berpotensi dalam mengembangkan pemasaran  Obyek Desa Bojong Koneng Babakan Madang Kabupaten Bogor Jawa Barat secara online. Metode yang  digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan menggambarkan keadaan yang ada. Teknik pengumpulan  data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan kuesioner kepada masyarakat. Teknik analisis  yang digunakan adalah analisis SWOT. Berdasarkan hasil penelitian, didapat bahwa Objek Wisata Desa Bojong  Koneng Babakan Madang berpotensi dikembangkan menggunakan pemasaran online dengan kekuatan yang ada  yaitu jumlah SDM dan beragamnya destinasi wisata, peluang yang dimiliki yaitu dekat dengan Ibu Kota,  dukungan pemda, harga yang relatif murah dan suasana yang alami. Sementara itu terdapat kelemahan karena  akses yang relatif terbatas, serta ancaman permasalahan lahan.

Published
2022-12-20
How to Cite
Rifan, M., Hanifah, N., Soeprijanto, Djaohar, M., Subekti, M., & Parjiman. (2022). ANALISIS POTENSI PENGEMBANGAN PEMASARAN ONLINE OBJEK WISATA DESA BOJONG KONENG BABAKAN MADANG KAB BOGOR JAWA BARAT. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), SNPPM2022ST-59 . Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm/article/view/33316