ANALISIS TINGKAT KESIAPAN PEDAGANG DALAM PEMBUATAN TOKO ONLINE (STUDI PADA PEDAGANG KEL. CIPINANG BESAR SELATAN, JAKARTA)

  • Muhammad Rif’an Rif’an Universitas Negeri Jakarta
  • Nur Hanifah Universitas Negeri Jakarta
  • Soeprijanto Universitas Negeri Jakarta
  • M Djaohar Universitas Negeri Jakarta
  • Massus Subekti Universitas Negeri Jakarta
  • Parjiman Universitas Negeri Jakarta
Keywords: online store, technology readiness, e-commerce

Abstract

Abstract

The shift paradigm and ease of technology supported by the 4.0 Industrial Revolution has given birth to an online store with characteristics no physical contact, does not require a store, and an indefinite area. The current condition of the Covid-19 pandemic with limiting the movement of the community also supports online stores has become more dominant in the economy. This study aims to measure the level of readiness of traders in South Southern Cipinang, Jakarta, P2M participants in online stores, in making online stores in terms of knowledge and technology. The method used in this study is descriptive analytical regarding the phenomenon found, in the form of knowledge factors and technology factors to implement online stores. The number of respondents was 15 traders with the results that the level of preparedness of traders in the South Cipinang Selatan, Jakarta was in a moderate position with a knowledge factor of 44.4% and a technology factor of 100%.

Abstrak

Pergeseran paradigma dan kemudahan teknologi yang didukung revolusi industri 4.0 telah melahirkan toko online dengan ciri tidak memerlukan kontak secara fisik, tidak memerlukan toko secara fisik, dan wilayah yang tanpa batas. Ditambah pandemi Covid-19 dengan pembatasan pergerakan masyarakat menyebabkan toko online menjadi dominan dalam mendukung aktivitas perekonomian. Penelitian ini bertujuan mengukur tingkat kesiapan para pedagang di keluarahan Cipinang Besar Selatan, Jakarta, peserta P2M Pelatihan Pembuatan Toko Online, dalam pembuatan toko online dari segi pengetahuan dan teknologi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif analitis mengenai fenomena yang ditemukan, berupa faktor pengetahuan dan faktor teknologi untuk mendukung pembuatan toko online. Jumlah responden sebanyak 15 pedagang dengan hasil bahwa tingkat kesiapan pedagang di keluarahan Cipinang Besar Selatan, Jakarta ada di posisi sedang dengan faktor pengetahuan sebesar 44,4% dan faktor teknologi sebesar 100%. 

Published
2021-12-20
How to Cite
Rif’an, M. R., Nur Hanifah, Soeprijanto, M Djaohar, Subekti, M., & Parjiman. (2021). ANALISIS TINGKAT KESIAPAN PEDAGANG DALAM PEMBUATAN TOKO ONLINE (STUDI PADA PEDAGANG KEL. CIPINANG BESAR SELATAN, JAKARTA). Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), SNPPM2021ST-93 . Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm/article/view/25556