PROGRAM KAMPUNG CINTA LINGKUNGAN (KACINTAAN) SERI CERDAS UNTUK GURU PAUD DAN KADER PKK: URGENSI INTERNALISASI KARAKTER CINTA LINGKUNGAN PADA ANAK

Authors

  • Elmanora Universitas Negeri Jakarta
  • Hurriyyatun Kabbaro Universitas Negeri Jakarta
  • Maya Oktaviani Universitas Negeri Jakarta
  • Annisa Dwi Rahmadina Universitas Negeri Jakarta
  • Nada Nafisah Universitas Negeri Jakarta
  • Tri Anggun Rakhmawati Universitas Negeri Jakarta
  • Tondy Arya Putra Universitas Negeri Jakarta
  • Marsha Novanda Fahirza Universitas Negeri Jakarta

Keywords:

environmental love character, environmental problems, stimulation media, family empowerment

Abstract

Abstract
Problems surrounding environmental damage are increasing from time to time. One of the efforts that can be made to prevent and overcome these problems is internalizing the character of love for the environment, especially in children. In internalizing the character values of loving the environment in children, the role of the family and school environment is a microenvironment for children. Therefore, community service activities are training for Early Childhood Education teachers and Family Welfare Empowerment cadres regarding the urgency of internalizing the character of loving the environment in children. This activity is part of the Environmental Love Village Program, abbreviated as the Kacintaan Program. In addition, 27 early childhood education teachers and Family Welfare Empowerment cadres in Jatinegara Kaum Village, Pulo Gadung District, East Jakarta City, DKI Jakarta Province, follow this activity. The training activity lasted for two days, on 9-10 August 2022, and consisted of preparation, implementation, monitoring and evaluation, and the preparation of activity outcomes. The training activity begins with the presentation of the material by the resource person. The material discussed is the component of character building in environmental care, indicators of loving the environment, and strategies for growing the character of loving the environment. After the presentation of the material, the participants conducted group discussions to identify the achievements of the character of loving the environment. At the end of the activity, participants were allowed to identify stimulation media that could be used to internalize the character values of environmental love in children. The activity results show that the ability of PAUD teachers and PKK cadres to integrate learning materials and the character of loving the environment has increased. Thus, participants expected to implement the knowledge gained through this activity in the family and school environment.

 

Abstrak
Permasalahan seputar kerusakan lingkungan meningkat dari waktu ke waktu. Untuk mencegah dan mengatasi permasalahan tersebut, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan cara menginternalisasikan karakter cinta lingkungan terutama pada anak. Dalam menginternalisasikan nilai-nilai karakter cinta lingkungan pada anak membutuhkan peran dari lingkungan keluarga dan sekolah yang merupakan lingkungan mikro untuk anak. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan adalah pelatihan untuk guru Pendidikan Anak Usia Dini dan kader Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga mengenai urgensi internalisasi karakter cinta lingkungan pada anak. Kegiatan ini merupakan bagian dari Program Kampung Cinta Lingkungan atau disingkat dengan Program Kacintaan. Kegiatan ini telah melibatkan 27 orang guru Pendidikan anak usia dini dan juga kader Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga di Kelurahan Jatinegara Kaum, Kecamatan Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur, Provinsi DKI Jakarta. Kegiatan pelatihan berlangsung selama dua hari, yaitu pada tanggal 9-10 Agustus 2022. Kegiatan pelatihan terdiri atas persiapan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi, serta penyusunan luaran kegiatan. Kegiatan pelatihan diawali dengan pemaparan materi oleh narasumber. Materi yang dibahas adalah komponen pembentukan karakter dalam pemeliharaan lingkungan, indikator karakter cinta lingkungan, serta strategi menumbuhkan karakter cinta lingkungan. Setelah pemaparan materi, peserta melakukan diskusi kelompok untuk mengidentifikasi capaian karakter cinta lingkungan. Di akhir kegiatan, peserta diberikan kesempatan untuk mengidentifikasi media stimulasi yang dapat digunakan untuk internalisasi nilai karakter cinta lingkungan pada anak. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa kemampuan guru PAUD dan Kader PKK dalam mengintegrasikan materi pembelajaran dan karakter cinta lingkungan mengalami peningkatan. Dengan demikian, peserta kegiatan dapat menerapkan pengetahuan yang diperoleh di lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah.

Downloads

Published

2022-12-20

How to Cite

Elmanora, Kabbaro, H. ., Oktaviani, M. ., Dwi Rahmadina, A. ., Nafisah, N. ., Anggun Rakhmawati, T. ., … Novanda Fahirza, M. . (2022). PROGRAM KAMPUNG CINTA LINGKUNGAN (KACINTAAN) SERI CERDAS UNTUK GURU PAUD DAN KADER PKK: URGENSI INTERNALISASI KARAKTER CINTA LINGKUNGAN PADA ANAK. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), SNPPM2022P-230 - SNPPM2022P-238. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm/article/view/33713

Similar Articles

<< < 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.