PELATIHAN PENYUSUNAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS KARAKTER CINTA LINGKUNGAN PADA GURU PAUD DI KELURAHAN JATINEGARA KAUM
Keywords:
karakter pecinta lingkungan hidup, guru PAUD, perangkat pembelajaran, environmentalist character, ECE teacher, learning toolsAbstract
Abstract
Early childhood education (ECE) is essential in internalizing the character value of environmental love from early childhood. Teachers can internalize character values into learning activities in ECE but still need optimal knowledge and skills to develop character-based learning tools for environmental love. The solution offered to overcome the problem is through the implementation of training activities for the preparation of character-based learning tools for environmental love for ECE teachers in Jatinegara Kaum Village, Pulo Gadung District, East Jakarta City, DKI Jakarta Province. The methods used are lectures, discussions, and practices. Training activities consist of preparation, implementation, and preparation of activity outputs. Analysis of pre-test and post-test results showed an increase in the average score obtained by trainees, from 72.3 to 91.5. The result of this activity is that the knowledge and skills of ECE teachers in Jatinegara Kaum Village, Pulo Gadung District, East Jakarta City, DKI Jakarta Province, in compiling character-based learning tools for environmental love increased. The teacher will implement knowledge and skills in learning activities in their respective schools.
Abstrak
Pendidikan anak usia dini menginternalisasikan nilai karakter cinta lingkungan sejak usia dini. Guru dapat menginternalisasikan nilai-nilai karakter ke dalam kegiatan pembelajaran di PAUD namun memerlukan pengetahuan dan keterampilan yang optimal untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis karakter cinta lingkungan. Solusi yang ditawarkan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah melalui pelaksanaan kegiatan pelatihan penyiapan perangkat pembelajaran berbasis karakter cinta lingkungan pada guru PAUD di Kelurahan Jatinegara Kaum, Kecamatan Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur, Provinsi DKI Jakarta. Metode yang digunakan adalah ceramah, diskusi, dan praktik. Kegiatan pelatihan terdiri dari persiapan, pelaksanaan, dan penyiapan luaran kegiatan. Analisis hasil pre-test dan post-test menunjukkan adanya peningkatan rata-rata skor yang diperoleh peserta pelatihan, dari 72,3 menjadi 91,5. Hasil dari kegiatan ini adalah pengetahuan dan keterampilan guru PAUD di Kelurahan Jatinegara Kaum, Kecamatan Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur, Provinsi DKI Jakarta, dalam menyusun perangkat pembelajaran berbasis karakter cinta lingkungan meningkat. Guru akan mengimplementasikan pengetahuan dan keterampilannya dalam kegiatan pembelajaran di sekolahnya masing-masing.