INOVASI PRODUK REMINI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN NILAI JUAL PRODUK RENGGINANG DESA RANCA KALAPA, KABUPATEN TANGERANG
Keywords:
Rengginang, Inovasi, Tangerang, Nilai Jual, InnovationAbstract
Abstract
This community service activity aims to assist MSME business actors in Ranca Kalapa Village in increasing the selling value of Rengginang products so they can upgrade these products in the hope of increasing consumer interest in consuming them. Like the Rengginang product business in Ranca Kalapa Village, which has recipes passed down from generation to generations, but the number of requests and consumer interest is uncertain. The Rengginang products produced and marketed in Ranca Kalapa Village are very simple and traditional so there is no high added value to the product. In business competition in national and international markets, innovation and creativity of business actors is needed to maintain consumer interest. The method used in this activity is PAR (Participatory Action Research), which is a method that is part of research (research) involving various stakeholders (relevant parties) in terms of assessing the actions to be implemented so that changes are made for the better. Through this method we innovate Rengginang products, in the form of Re-Branding, Re-Packing and Launching Product, so that existing products can meet the current market segment. The result of this activity is the creation of a new product and increase the shell value simple product to be new product with higher shell value from the Rengginang innovation, namely REMINI (Rengginang Mini) served with spicy chili and seaweed dressing which can become a contemporary snack typical of Ranca Kalapa Village.
Abstrak
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mendampingi pelaku usaha UMKM Desa Ranca Kalapa dalam meningkatkan nilai jual produk Rengginang sehingga dapat mengupgrade produk tersebut dengan harapan dapat meningkatkan minat konsumen dalam mengkonsumsinya. Seperti pelaku usaha produk Rengginang di Desa Ranca Kalapa yang memiliki resep turun-temurun namun jumlah permintaan dan minat konsumen tidak menentu. Produk Rengginang yang diproduksi dan dipasarkan di Desa Ranca Kalapa sangat sederhana dan tradisional sehingga tidak adanya nilai tambah yang tinggi pada produk tersebut. Dalam persaingan usaha di pasar nasional maupun internasional, inovasi dan kreatifitas pelaku usaha sangat diperlukan untuk tetap menjaga minat konsumen. Adapun metode yang digunakan pada kegiatan ini yaitu PAR (Participatory Action Research), yaitu metode yang merupakan bagian dari penelitian (Riset) yang melibatkan berbagai Stakeholder (pihak yang relevan) dalam hal pengkajian aksi yang akan dilaksanakan sehingga terbentuk perubahan yang lebih baik. Melalui metode ini kami melakukan inovasi produk Rengginang, berupa Re-Branding, Re-Packing dan Launching Product, dengan begitu produk yang sudah ada dapat memenuhi segmentasi pasar saat ini. Hasil dari kegiatan ini adalah terciptanya produk baru dengan menambahkan nilai jual produk sederhana menjadi inovasi Rengginang yang bernilai jual tinggi yaitu REMINI (Rengginang Mini) disajikan dengan balutan cabai pedas dan rumput laut yang dapat menjadi cemilan kekinian khas Desa Ranca Kalapa.