PELATIHAN MANAJEMEN DATABASE PELANGGAN MANJAH TOUR AND TRAVEL MENGGUNAKAN CRM SPREADSHEET UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN PELANGGAN

Authors

  • Lina Saptaria Universitas Islam Kadiri
  • Iin Kurniasari Universitas Islam Kadiri
  • Edwin Agus Buniarto Universitas Islam Kadiri
  • Iva Khoiril Mala Universitas Negeri Malang
  • Ahmad Syamsudin Institut Agama Islam Negeri Kediri

Keywords:

Training, Customer Relationship Management, Service Quality, Customer satisfaction, Pelatihan, Kualitas Pelayanan, Kepuasan pelanggan

Abstract

Abstract

Manjah Tour & Travel provides travel services to various tourist destinations in Indonesia. The management of this bureau experienced difficulties in managing customer complaints, providing personal service, and retaining customers. This reduces customer satisfaction and the company's brand image. Customer database management is the key to the success of the tour and travel business. This Community Service Activity (PKM) aims to conduct customer database management training using CRM Spreadsheets to increase Manjah Tour and Travel customer satisfaction. The target of PKM activities is 10 employees in the Information Technology and Marketing fields. PKM activity methods consist of: 1) socialization, 2) training, 3) direct practice, and 4) evaluation of program sustainability. The results of PKM activities are in the form of increasing employee knowledge and skills in managing customer databases more effectively using CRM Spreadsheet. This activity is very useful in building stronger relationships with customers because it can provide more personalized service, increase customer satisfaction, improve the quality of decision making related to customer management so that it can improve service quality.

 

Abstrak

Manjah Tour & Travel memberikan pelayanan perjalanan wisata ke berbagai destinasi wisata di Indonesia. Manajemen biro ini mengalami kesulitan dalam mengelola keluhan pelanggan, memberikan pelayanan secara personal, dan mempertahankan pelanggan. Hal ini menurunkan kepuasan pelanggan dan brand image perusahaan. Pengelolaan database pelanggan adalah kunci keberhasilan bisnis tour dan travel. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk melakukan pelatihan pengelolaan database pelanggan menggunakan CRM Spreadsheet untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan manjah tour and travel. Sasaran kegiatan PKM adalah karyawan bidang Teknologi Informasi dan Marketing sebanyak 10 orang. Metode kegiatan PKM terdiri dari : 1) sosialisasi, 2) pelatihan, 3) praktik langsung, dan 4) evaluasi keberlanjutan program. Hasil kegiatan PKM berupa peningkatan pengetahuan dan keterampilan karyawan dalam melakukan pengelolaan database pelanggan secara lebih efektif menggunakan CRM Spreadsheet. Kegiatan ini sangat bermanfaat dalam membangun hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan karena dapat memberikan pelayanan yang lebih personal, meningkatkan kepuasan pelanggan, meningkatkan kualitas pengambilan keputusan terkait manajemen pelanggan sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan.

Downloads

Published

2024-11-15

How to Cite

Lina Saptaria, Iin Kurniasari, Edwin Agus Buniarto, Iva Khoiril Mala, & Ahmad Syamsudin. (2024). PELATIHAN MANAJEMEN DATABASE PELANGGAN MANJAH TOUR AND TRAVEL MENGGUNAKAN CRM SPREADSHEET UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN PELANGGAN. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), SNPPM2024BRL114 -SNPPM2024BRL131. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm/article/view/50043

Similar Articles

<< < 58 59 60 61 62 63 64 65 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.