PELATIHAN PENYUSUNAN SILABUS PENGAJARAN BAHASA INGGRIS BAGI GURU-GURU BAHASA INGGRIS DI TITIP SENTANI, KABUPATEN JAYAPURA

Authors

  • Izak Morin Universitas Negeri Jakarta
  • Wigati Yektiningtyas Universitas Negeri Jakarta
  • Precilia Rafra Universitas Negeri Jakarta

Keywords:

Pelatihan, Penyusunan, Silabus, Pengajaran Bahasa Inggris

Abstract

Abstrak

Training Indonesians for Transition to Institutional Programs (TITIP) is one of the priority programs of the Yayasan Pelayanan Antarbudaya Papua (YPA-Papua). This foundation is a nonprofit social organization founded in 1992 and based in Sentani, Jayapura Regency, Papua Province. English is one of the subjects within the TITIP curriculum.According to a survey conducted by the Head of the Community Service Team (PkM) from the English Education Study Program, FKIP Uncen, during discussions with one of the leaders of YPA-Papua, it was found that most of the English teachers recruited to teach this subject lack formal teaching qualifications. They often rely on their command of the English language, teaching based on the knowledge and experience they have acquired. This situation has become a concern for YPA-Papua, prompting the PkM FKIP Uncen Team to offer expert assistance in the form of training for TITIP English teachers to address this issue. One of the activities proposed is the "English Teaching Syllabus Development Training for English Teachers at TITIP Sentani, Jayapura Regency."

The objectives of this activity are: a) to introduce teaching profession principles to the teachers; b) to explain the difference between curriculum and syllabus; c) to introduce various types of syllabi; d) to guide teachers on how to create a syllabus; and e) to guide teachers on how to use the syllabus as a reference for sourcing teaching materials from both non-electronic and electronic sources (internet/Google). Additionally, this activity is expected to help TITIP English teachers build confidence in developing English teaching syllabi, enabling them to teach in other communities outside the TITIP environment. To achieve these objectives, several methods will be employed, including lectures, discussions, question-and-answer sessions, and regular mentoring for the teachers.

 

ABSTRACT

Training Indonesians for Transition to Institutional Programs (TITIP) adalah salah satu program prioritas yang dimiliki oleh Yayasan Pelayanan Antarbudaya Papua (YPA-Papua). Yayasan ini adalah organisasi sosial nonprofit yang didirikan pada tahun 1992 dan berpusat di Sentani, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua. Bahasa Inggris adalah salah satu dari beberapa mata pelajaran atau mata kuliah dalam kurikulum TITIP.

Dari hasil survey yang dilakukan oleh Ketua Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP Uncen dalam perbincangan dengan salah satu Pimpinan YPA-Papua menunjukkan bahwa guru-guru bahasa Inggris yang direkrut untuk mengajarkan mata pelajaran ini kebanyakan tidak memiliki kualifikasi keguruan melalui pendidikan formal sehingga hanya dengan modal penguasaan bahasa Inggris yang mereka miliki mereka berani mengajar sesuai dengan pengetahuan dan pengalaman yang mereka peroleh. Kondisi ini menjadi keprihatinan bagi YPA-Papua sehingga Tim PkM FKIP Uncen menawarkan bantuan kepakaran dalam bentuk pelatihan bagi guru-guru bahasa Inggris TITIP agar kondisi ini bisa diatasi. Salah satu kegiatan yang ditawarkan adalah “Pelatihan Penyusunan Silabus Pengajaran Bahasa Inggris bagi Guru-Guru Bahasa Inggris di TITIP Sentani, Kabupaten Jayapura.

Tujuan dari kegiatan ini adalah a) mengenalkan prinsip-prinsip profesi keguruan kepada guru-guru; b) mengenalkan perbedaan antara kurikulum dan silabus kepada guru-guru; c) mengenalkan jenis-jenis silabus; d) membimbing guru bagaimana membuat silabus; e) membimbing guru bagaimana menggunakan silabus sebagai acuan/panduan untuk mencari bahahan ajar dari sumber-sumber yang tersedia secara non-elekronik dan elektronik (internet/google). Sementara itu, diharapkan kegiatan ini bermanfaat bagi guru-guru Bahasa Inggris di TITIP dalam membangun kepercayaan diri untuk menyusun silabus pengajaran bahasa Inggris apabila diminta untuk mengajar di komunitas-komunitas lain di luar lingkungan TITIP. Dari tujuan yang telah diuraikan di atas maka metode yang akan dipakai dalam pencapaian tujuan yaitu dengan dengan beberapa metode seperti ceramah, diskusi, dan tanya jawab, serta pendampingan bagi para guru secara rutin. 

Downloads

Published

2024-11-15

How to Cite

Izak Morin, Wigati Yektiningtyas, & Precilia Rafra. (2024). PELATIHAN PENYUSUNAN SILABUS PENGAJARAN BAHASA INGGRIS BAGI GURU-GURU BAHASA INGGRIS DI TITIP SENTANI, KABUPATEN JAYAPURA. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), SNPPM2024P401-SNPPM2024P408. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm/article/view/50049

Similar Articles

<< < 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.