Jurnal Pendidikan Teknik Sipil atau lebih dikenal dengan PenSil terbit pertama kali bulan Februari tahun 2012.  Setelah 4 tahun berjalan dengan edisi cetak, tepatnya di bulan Februari tahun 2016 PenSil memulai edisi elektroniknya (OJS). Komitmen dari Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan FT UNJ adalah menerbitkan secara kontinu artikel-artikel Pendidikan Vokasional di bidang Teknik Sipil.

Jurnal Pensil ditujukan kepada semua akademisi dan praktisi di bidang Pendidikan Vokasional Teknik Sipil. Kehadiran Jurnal Pensil ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi perkembangan keilmuan bidang pendidikan teknologi dan vokasional bidang teknik sipil.

Cakupan Jurnal Pensil meliputi hasil penelitian kuantitatif, kualitatif, eksperimen, survey, pengembangan, kompetensi, manajemen konstruksi serta kajian ilmiah berupa studi literatur yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan membangun inovasi pada pendidikan teknologi dan vokasional bidang teknik sipil. Fokus dalam Jurnal Pensil meliputi:
• Media dan Materi Pembelajaran Teknik Sipil
• Kurikulum dan Metode Pembelajaran Teknik Sipil
• Manajemen Pendidikan dan Pelatihan Teknik Sipil
• Evaluasi Pembelajaran Teknik Sipil
• Pembiayaan Pendidikan Teknik Sipil
• Kompetensi dan Pekerjaan Bidang Teknik Sipil
• dan Pengembangan Bidang Pendidikan dan Pelatihan Teknik Sipil

Perubahan Pada Contoh Panduan Penulisan Artikel (Template Manuscript), mohon diperhatikan dengan seksama


Read more


Para pembaca yang budiman, kami ucapkan selamat berjumpa kembali di Jurnal Pensil pada Volumen 8 No 1 Tahun 2019. Pada edisi ke-15 ini kami menyajikan tujuh artikel jurnal penelitian yang berjudul: (1) Implementasi Pendekatan Saintifik Dari K-13 Revisi Pada Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (Studi Kasus Di Smk Negeri 1 Jakarta); (2) Model Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Di Sekolah Penerima Adiwiyata S1 Pendidikan Vokasi Konstruksi Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta; (3) Kesesuaian Tahapan Kegiatan PKM Mahasiswa Prodi Pendidikan Vokasional Konstruksi Bangunan UNJ; (4) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Pada Mata Kuliah Kompetensi Pembelajaran Pokok Materi Keterampilan Dasar Mengajar; (5) Hubungan Komunikasi Instruksional Dengan Hasil Belajar Ilmu Ukur Tanah di SMK Negeri 1 Jakarta; (6) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik Pada Konstruksi Bangunan 1 (Studi Kasus UNJ Jurusan pendidikan Vokasional Bangunan); dan (7) Evaluasi Program Pelaksanaan Ujian Online Dengan Menggunakan Learning Management System Moodle Berbasis Android Di SMK Negeri 1 Jakarta.

Semoga artikel hasil penelitian yang kami sajikan dapat bermanfaat bagi Anda.

Salam.