PEMEROLEHAN FONOLOGY PADA ANAK USIA DUA TAHUN DUA BULAN (Studi Kualitatif Pemerolehan Fonology Pada Aisyah)

  • HERLINA HERLINA Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta

Abstract

Abstract :The purpose of this research was to determine the development of information  acquisition phonology elements (vowels and consonants) in children two years and two months aged. Particular regarding Aisyah phonology development in language development in their family life. This research was conducted on a family has a background of adequate economic life. Based on the results of the research to analyze the data in this research,  there are some steps of  that; 1) acquisition phonology children two years and two months aged in particular on already mastered all vowel sounds. 2) In the consonant sounds had started well when positioned at the beginning of the word are in the middle of the word and the end of the word. 3) Acquiring phonology of the consonant sounds can be uttered by showing the activities carried out in family activities. 4) In the following the activities of his family, Aishah is very active so she was able to utter the words that fit what she saw with the actual facts, and (5) The acquisition of phonology close related to the acquisition of the lexicon.  The data showed that there are sounds that arise because it mimics speechs children  and emerge as an activity  often done so had never experienced it. Sounds found in this study to be a part of the acquisition phonology received by children from the surrounding neighborhood, although small influence will be seen that the environment plays an important role in the acquisition and the ability neurophysiological phonology children themselves.

 

Keywords:  Acquisition phonology, vowels and consonants, family environment.

 

Abstrak : Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui  informasi perkembangan pemerolehan  unsur-unsur fonologi (vokal dan konsonan) pada anak usia dua tahun dua bulan khususnya  menyangkut perkembangan fonologi Aisyah di dalam kehidupan keluarganya. Penelitian ini dilakukan pada satu keluarga yang mempunyai latar belakang kehidupan ekonomi yang memadai. Berdasarkan hasil penelitian, untuk menganalisis data dalam penelitian ada beberapa tahap yang dilakukan yaitu ;  1) pemerolehan fonologi anak  yang  berumur  dua  tahun  dua bulan  khususnya pada bunyi vokal yang sudah dikuasai semua, 2) pada bunyi-bunyi konsonan sudah mulai baik apabila berada diawal kata, berada pada tengah kata maupun berada pada akhir kata, 3) pemerolehan fonologi pada bunyi konsonan yang dapat diujarkan dengan memperlihatkan aktivitas-aktivitas yang dilaksanakan didalam kegiatan keluarganya, 4) di dalam mengikuti aktivitas keluarganya, Aisyah sangat aktif sehingga dia mampu mengucapkan kata-kata yang sesuai dengan apa yang dilihatnya dengan fakta yang sebenarnya, (5) pemerolehan fonologi berkaitan erat dengan pemerolehan leksikon, sehingga diperoleh data bahwa ada bunyi yang muncul karena meniru ucapan orang dewasa dan muncul karena suatu kegiatan yang sering dilakukan sehingga sudah pernah mengalaminya. Bunyi-bunyi yang ditemukan dalam penelitian ini menjadi bagian dari pemerolehan fonologi yang diterima anak dari lingkungan sekitarnya, meskipun kecil pengaruhnya akan terlihat bahwa lingkungan sangatvberperan penting dalam pemerolehan fonologi dan kemampuan neurofisiologis anak itu sendiri.

 

Kata kunci:  Pemerolehan fonologi, bunyi vokal dan konsonan, lingkungan keluarga.

Published
2016-11-30
How to Cite
HERLINA, H. (2016). PEMEROLEHAN FONOLOGY PADA ANAK USIA DUA TAHUN DUA BULAN (Studi Kualitatif Pemerolehan Fonology Pada Aisyah). Jurnal Pendidikan Usia Dini, 10(2), 295 - 314. https://doi.org/10.21009/JPUD.102.06