PERILAKU AGRESIF ANAK USIA DINI

Authors

  • FARAH ARRIANI Centre of Curriculum and books, Departement of Research and Development, Ministry of Education and Culture Indonesia

Abstract

The objective of this research was to get a clear description about aggressive behavior
of early children who come from low class family. The research also look for things that stimulate
the aggressive behavior in school, teacher strategies and the cooperation form between schools
and the parents.The research involoved five students of kindergarten group A, and the research
carried out by using case study methods, the data analysis and interpretation indicates that (1) the
type of children’s aggressive behavior are physical aggression, outburst, verbal and indirect
aggression.(2) The causes of children’s aggressive behavior are the identification of member
family behavior, immediate environment which is less conducive. (3) the strategies applied by the
teacher to handle the behavior are by using models, refraction, punishment and reward, calming
the children, and making them talking about their feelings, (4) The data also show that there is no
specific cooperation between school and the parents to overcome the problems.


Keywords: Aggressive Behavior, Early Chilhood, Teacher Strategies


Abstrak: Tujuan penelitian untuk mendapatkan gambaran secara jelas mengenai perilaku agresif
pada anak usia dini yang berasal dari keluarga strata ekonomi bawah, hal-hal yang menstimulasi
perilaku agresif di sekolah serta bagaimana strategi guru serta bentuk kerjasama yang dilakukan
oleh sekolah dan orangtua dalam mengatasi perilaku agresif. Penelitian ini melibatkan lima orang
siswa dari kelompok A, dan penelitian ini menggunakan metode studi kasus. Data diperoleh
melalui interview, observasi dan studi dokumen. Berdasarkan hasil analisis data dapat
diinterpretasikan bahwa: (1) bentuk perilaku agresif anak terdiri dari agresi fisik, agresi meledak,
agresi lisan, dan agresi tidak langsung; (2) penyebab perilaku agresif anak terdiri dari identifikasi
terhadap anggota keluarga yang memilki perilaku agresif atau kekerasan, lingkungan sekitar yang
kurang kondusif; (3) strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi perilaku agresif anak
adalah dengan menggunakan keteladanan, pembiasaan, punishment dan reward, menenangkan
anak dan menanyakan pada anak mengenai perasaan anak-anak; (4) Hasil penelitian juga
menunjukkan tidak ada kerjasama khusus yang dijalin antara sekolah dan orang tua untuk
mengatasi masalah perilaku agresif anak.


Kata Kunci: Perilaku Agresif, Anak Usia Dini, Strategi Guru.

Published

2014-11-01

How to Cite

ARRIANI, F. (2014). PERILAKU AGRESIF ANAK USIA DINI. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 8(2), 263–274. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpud/article/view/3589