PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PENERAPAN MEDIA KARTU GAMBAR

Authors

  • KHUSNUL LAELY PAUD PPs Univeristas Negeri Jakarta

Abstract

This study aims to determine whether the media card images can improve the ability to
read the beginning of group B Bustanul Athfa ‘Aisyiyah Kalinegoro Mertoyu dan Magelang and
describe the process of taking the picture card media. This research is a classroom action research.
The data was collected by conducting or altests, observation, and field notes. Media used the media
card image. Analysis of the data using qualitative data analysis and quantitative data analysis. This
study can be useful for students, teachers, early childhood education institutions, and other
researchers. Benefit for students is that it can activate and focus attention in learning, teachers can
develop learning back to read the beginning according to the stages of child development. For the
study of early childhood institutions can be input in order to improve the quality of teaching
beginning reading skills, and the benefits to other researchers can conduct research or design in
order to improve the ability to read a more interesting beginning. Beginning reading skills
increased from 60.48% to 87.38% after applying media card images in learning. This is because the
application of media images designed card swith cards of different investigator sexisting imageis
the picture card has a large size so that children can observe that sits behind the teacher's
explanation, but it has interesting pictures and letters inredink the word has so children excited,
enthusiastic, and focused on learning.

Keywords: Drawing Card, Read the Beginning, and Action Research

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah media kartu gambar dapat
meningkatkan kemampuan membaca permulaan kelompok B Bustanul Athfa 'Aisyiyah Kalinegoro
Mertoyudan Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data
dilakukan dengan tests, observasi, dan catatan lapangan. Media yang digunakan adalah media kartu
gambar. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini berguna
bagi siswa, guru, lembaga pendidikan anak usia dini, dan peneliti lainnya. Manfaat bagi siswa
adalah bahwa hal itu dapat mengaktifkan dan fokus perhatian dalam pembelajaran, guru dapat
mengembangkan belajar kembali untuk membaca permulaan sesuai dengan tahapan perkembangan
anak. Untuk lembaga anak usia dini dapat menjadi masukan dalam rangka meningkatkan kualitas
pembelajaran keterampilan membaca permulaan, dan bagi peneliti lain dapat melakukan penelitian
atau desain dalam rangka meningkatkan kemampuan membaca permulaan lebih menarik.
Keterampilan membaca permulaan meningkat dari 60,48% menjadi 87,38% setelah menerapkan
media kartu gambar dalam pembelajaran. Penerapan media kartu gambar dirancang berbeda, kartu
gambar memiliki ukuran yang besar sehingga anak-anak dapat mengamati penjelasan guru
meskipun duduk di belakang, memiliki gambar yang menarik, huruf dan kata sehingga anak-anak
bersemangat, antusias, dan terfokus pada belajar.

Kata kunci: Kartu gambar, Membaca Permulaan, dan Penelitian Tindakan

Downloads

Published

2013-11-11

How to Cite

LAELY, K. (2013). PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PENERAPAN MEDIA KARTU GAMBAR. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7(2), 300–319. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpud/article/view/3877