PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN PADA ANAK ATTENTION DEFICIT DISORDER MELALUI METODE AL-BARQY BERBASIS APPLIED BEHAVIOR ANALYSIS

  • RINI ASTUTI PAUD PPs Univeristas Negeri Jakarta

Abstract

The purpose of this research is to obtain information on Al-Quran reading
comprehension for ADD children using Al-Barqy methode with ABA basic. Every child, even these
with special need, must be able to read Al-Quran.This research was taken from March to April
2013 in SDIT AL-KAMIL. The method applied is the Action Research by Kemmis and Taggard.
The subject is two 1st grade of elementary student. The result or quantitative data analysis shows
an enchancement of Quran reading comprehension on ADD children significantly. Mean while.
the result of qualitative data analysis can be determined from the materials, media and the best
way to improve Quran reading comprehension of ADD children. It also explained that the Albarqy method with ABA has been succesfully performed to increase the Quran reading
comprehension for ADD children in SDIT Al-KAMIL, Tapos Depok. This methode can be applied
in improving and developing Quran reading comprehension.

Keywords: Impoving Al-Quran Reading, Fun Methode

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi tentang pemahaman
bacaan Al-Quran untuk anak-anak ADD menggunakan metode Al-Barqy dengan ABA dasar.
Setiap anak dengan kebutuhan khusus, harus mampu membaca Al-penelitian Quran. Penelitian ini
diambil dari bulan Maret sampai April 2013 di SDIT AL-KAMIL. Metode yang digunakan adalah
Penelitian Tindakan oleh Kemmis dan Taggard. Subjek adalah dua kelas 1 siswa SD. Hasil atau
analisis data kuantitatif menunjukkan pemahaman bacaan Al-Quran pada anak-anak ADD
signifikan. Berarti sementara. hasil analisis data kualitatif dapat ditentukan dari bahan, media dan
cara terbaik untuk meningkatkan pemahaman bacaan Quran anak-anak ADD. Hal ini juga
menjelaskan bahwa metode Al-barqy dengan ABA telah berhasil dilakukan untuk meningkatkan
pemahaman bacaan Quran untuk anak-anak ADD di SDIT Al-KAMIL, Tapos Depok. Metode ini
dapat diterapkan dalam meningkatkan dan mengembangkan kemampuan memahami bacaan
Quran.

Kata Kunci: Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-qur’an, Metode Menyenangkan

Published
2013-11-11
How to Cite
ASTUTI, R. (2013). PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN PADA ANAK ATTENTION DEFICIT DISORDER MELALUI METODE AL-BARQY BERBASIS APPLIED BEHAVIOR ANALYSIS. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7(2), 251 - 266. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpud/article/view/3880