PENGARUH METODE EDUTAINMENT DAN KONSEP DIRI TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL ANAK

  • NESNA AGUSTRIANA PAUD PPs Univeristas Negeri Jakarta

Abstract

This study aimed to determine the effect of method of edutainment and self-concept to
wards the children’s social skills in group A. The research method used in this research is
experimental method with the treatment design by level 2x2 with 48 children samples. Social skills
research data obtained was analyzed by analysis of variance (ANOVA) two lines and, which first
lytested by requirements test analysis through normality test with Liliefors test and homogeneity
test with Bartletttest. The results showed that, (1) there are differences in social skills children
treat ededutainment method to approach the game with the children who were given treatment
methods edutainment multi media approach, (2) there are significant interaction between method
of edutainment and self-concept of the child’s social skills, (3) there are differences in social skills
children treated edutainment method to approach the game with the children who were given
treatment methods edutainment multimedia approach to children who have a positive self-concept,
(4) there are differences in social skills children treated edutainment method to approach the
game with the children who were given treatment methods edutainment multimedia approach to
children who have a nsosialve self-concept.

Keyword : Edutainment Methode, Social Skill, Self-concept

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode edutainment dan konsep diri
terhadap keterampilan sosial anak-anak kelompok A. Metode penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain perlakuan dengan tingkat 2x2 dengan 48
sampel anak-anak. Data penelitian keterampilan sosial yang diperoleh dianalisis dengan analisis
varians ( ANOVA ) dua jalur, yang pertama lytested oleh analisis uji persyaratan melalui uji
normalitas dengan uji Liliefors dan uji homogenitas dengan Bartletttest. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa, ada perbedaan keterampilan sosial anak-anak melalui metode ededutainment
untuk mendekati permainan dengan anak-anak yang diberi metode edutainment pendekatan multi
media; terdapat interaksi yang signifikan antara metode edutainment dan konsep diri keterampilan
sosial anak; terdapat perbedaan keterampilan sosial anak-anak yang diperlakukan metode
edutainment untuk mendekati permainan dengan anak-anak yang diberi metode pengobatan
pendekatan multimedia edutainment kepada anak-anak yang memiliki konsep diri yang positi; ada
perbedaan dalam keterampilan sosial anak-anak yang diperlakukan metode edutainment untuk
mendekati permainan dengan anak-anak yang diberi metode pengobatan pendekatan multimedia
edutainment pada anak-anak yang memiliki konsep diri.
Kata Kunci: Metode Edutainment, Keterampilan Sosial, Konsep Diri

Published
2013-11-11
How to Cite
AGUSTRIANA, N. (2013). PENGARUH METODE EDUTAINMENT DAN KONSEP DIRI TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL ANAK. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7(2), 267-286. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpud/article/view/3881