PENGEMBANGAN MODEL LATIHAN SEPAK SILA PADA PERMAINAN SEPAK TAKRAW

  • Patrice Alfiandi Universitas Negeri Jakarta
  • Nur Ali Universitas Negeri Jakarta
  • Hendro Wardoyo Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Model Latihan, Sepak Sila, Sepak Takraw

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model latihan sepak sila pada permainan sepak takraw. Pendekatan penelitian pengembangan model latihan sepak sila pada permainan sepak takraw ini menggunakan model penelitian dan pengembangan (Research and Development) dari Sugiyono. Subjek pada penelitian ini adalah klub sepak takraw tanah abang jakarta pusat dengan jumlah 10 atlet pada uji coba kelompok kecil dan klub sepak takraw cendrawasih jakarta barat dengan subjek 30 atlet pada uji coba kelompok besar. Pada penelitian ini peneliti bekerja sama dengan tiga ahli dalam bidang olahraga sepak takraw sebagai expert judgment. Uji validitas yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan uji justifikasi ahli, dimana model latihan yang telah dibuat dan diuji cobakan kemudian dikonsultasikan dan dinilai oleh para ahli dalam bidang olahraga sepak takraw

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan variasi model latihan sepak sila agar pemain tidak merasa bosan melewati latihan sepak sila dan agar tercapai teknik dasar yang maksimal. Model latihan ini juga bertujuan untuk dapat dijadikan bahan referensi bagi para pelatih dalam membuat model latihan sepak sila sesuai dengan kemampuan atlet yang dimiliki.

Melalui uji validitas yang dilakukan dengan menggunakan uji justifikasi ahli, menghasilkan produk pengembangan model latihan sepak sila pada permainan sepak takraw sebanyak 24 model latihan yang sesuai dengan teori latihan dasar sepak sila.

Published
2018-11-05