Manuscript Template

JUDUL ARTIKEL MENGGAMBARKAN ISI NASKAH, SINGKAT DAN PADAT,  DITULIS TIDAK SPESIFIK/ SEMPIT, SERTA MAKSIMAL EMPAT BELAS KATA

Nama Semua Penulis Tanpa Gelar
Alamat Email Penulis
Fakultas/Departemen Asal, Universitas /Lembaga Asal
Alamat Lembaga

Abstrak: Abstrak ditulis dalam dua bahasa yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, diketik dengan 1 spasi dalam 1 paragraf sejumlah 150 – 250 kata, berisi latar belakang masalah, masalah, tujuan penelitian, metode penelitian, tempat dan waktu penelitian, hasil dan saran. Abstrak tidak memuat rumus statistika. Kata-kata kunci berisi minimal kata yang berisi konsep-konsep penting dan ditulis di bawah masing-masing abstrak. Abstrak dalam Bahasa Indonesia ditulis dengan huruf tegak sedangkan abstrak berbahasa Inggris ditulis dengan miring tanpa dicetak tebal. pokok-pokok penelitian, seperti tujuan, metode dan hasil penelitian.

Kata-kata kunci: abstrak, judul, tema, penelitian, pendahuluan

TITLE REPRESENTS CONTENTS TEXT, BRIEF, WRITTEN NOT SPECIFIC, AND NOT MORE THAN FOURTEEN WORDS

Abstract: Abstract should be written in both English and Indonesian in a single paragraph, 120 – 150 words, highlighting the key messages from the research like research goals, methods, and findings and shows how the paper contributes to the field of education as a whole. Key words: should be written under the abstract in bold italics and should reflect the substance of the paper as also mentioned in the title. Format of the writing of abstract and key words, as well as the body of the article must follow this template.

Keywords: abstract, bold, italic, maximum five words, template

PENDAHULUAN

Pendahuluan berisi latar belakang dan rumusan masalah, manfaat penelitian, serta kajian pustaka/ teori tanpa menggunakan subjudul. Penulisan Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan harus mengikuti kaidah ilmiah baik dari penggunaan istilah maupun kosakata yang mengikuti Ejaan Yang Disempurnakan maupun aturan penulisan seperti jenis huruf, ukuran huruf, tata letak, jumlah kata dalam satu artikel, sistematika penulisan, dan tata penulisan daftar pustaka.

Penulisan setiap paragraf ditulis dengan menjorok ke dalam satu tab. Tidak diperkenankan di dalam satu kolom penulisan hanya menggunakan satu paragraf. Semua tulisan dibuat menjadi dua kolom termasuk daftar pustaka.

Pengetikan menggunakan software Microsoft Word dengan ukuran kertas A4, margin kertas kiri, kanan, atas dan bawah menggunakan pilihan normal. Spasi antar baris tulisan menggunakan 1.5 spasi. Jenis huruf yang digunakan yaitu Arial ukuran 10 point. Panjang naskah berkisar antara 4000-10.000 kata tidak termasuk daftar pustaka dalam bentuk soft copy.

Sistematika penulisan terdiri atas pendahuluan, metode penelitian, hasil, pembahasan dan penutup (di dalamnya terdapat kesimpulan dan saran). Bagian pendahuluan ditulis sebanyak lebih kurang 20% dari keseluruhan halaman artikel. Metode penelitian ditulis sebanyak kurang lebih 10% dari keseluruhan halaman artikel. Hasil dan pembahasan ditulis sebanyak 65% dari keseluruhan halaman artikel. Penutup yang berisi kesimpulan dan saran ditulis dengan singkat (sekitar 5% dari keseluruhan halaman artikel).

Daftar pustaka ditulis sesuai dengan kaidah yang dikeluarkan oleh American Psychological Association (APA).

METODE PENELITIAN

Metode penelitian berisi tentang jenis, tempat dan waktu, serta prosedur penelitian. Prosedur penelitian memuat tentang sumber data, teknik pengumpulan data, dan teknik analisis data. Rumus-rumus statistika yang sudah umum sebaiknya tidak perlu ditulis. Cantumkan sumber rujukan untuk metode yang digunakan.

HASIL DAN PEMBAHASAN

Hasil

Hasil mencakup hasil/ data kualitatif dan/atau kuantitatif dari proses penelitian. Bagian ini juga dapat memuat tabel dan/atau gambar.

Tabel diberi nomor secara berurut dan diberikan judul secara singkat, diletakan di atas tabel dan diketik menggunakan huruf kapital pada setiap awal kata. Gambar, termasuk grafik, bagan, diagram, peta, foto, atau sketsa diberikan nomor secara berurut dengan penjelasan dan diletakkan di bawah gambar.

Perhatikan bahwa tabel tidak memuat garis vertikal (tegak) dan garis horisontal (datar) hanya ada di kepala dan ekor tabel. Ukuran huruf isian tabel boleh diperkecil.
Berikut ini adalah contoh penulisan tabel dan gambar.

 

Pembahasan

Pembahasan hasil penelitian memuat interpretasi dan analisis hasil penelitian. Di dalam pembahasan dapat dicantumkan rujukan hasil penelitian dalam jurnal untuk menguatkan temuan penelitian maupun membandingkan hasil penelitian yang diperoleh.

Penulisan rujukan dalam artikel dan daftar pustaka mendasarkan pada kaidah yang dikeluarkan oleh American Psychological Association (APA).

PENUTUP

Penutup berisi kesimpulan dan saran yang merupakan jawaban singkat dari pertanyaan penelitian. Kesimpulan dan saran ditulis dengan tidak menggunakan penomoran tetapi masuk ke dalam paragraf. Jika diperlukan penomoran, penomoran dilakukan dalam bentuk deskripsi kata misal pertama, kedua, dan seterusnya.

DAFTAR PUSTAKA

Daftar pustaka diurutkan sesuai dengan alfabet. Daftar pustaka hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk, dan semua sumber yang dirujuk harus tercantum dalam daftar rujukan. Sumber rujukan minimal 80% berupa pustaka terbitan 10 tahun terakhir.

Jumlah pustaka yang diacu untuk hasil penelitian paling sedikit 10 pustaka dan untuk hasil kajian paling sedikit 25 pustaka. Contoh penulisan daftar pustaka disusun dengan tata cara seperti contoh berikut ini, diurutkan secara alfabetis dan kronologis:

Buku:

Januszewski, A.,& Molenda, M. (2008). Educational technology: A definition with commentary. New York: Routledge.

Newby, T. J., et.al. (2010). Educational technology for teaching and learning (4th ed). London: Pearson

Buku elektronik:

Niemann, S., Greenstein, D., & David, D. (2004). Helping children who are deaf: Family and community support for children who do not hear well. Diakses dari http://www.hesperian.org/publications_download_deaf.php

Buku kumpulan artikel:

Saukah, A. & Waseso, M.G. (Eds.). (2002). Menulis artikel untuk jurnal ilmiah (edisi ke-4, cetakan ke-1). Malang: UM Press.

Artikel dalam buku kumpulan artikel:

Russel, T. (1998). An alternative conception: representing representation. Dalam P.J. Black & A. Lucas (Eds.), Children’s Informal Ideas in Science (hlm. 62-84). London: Routledge.

Artikel dalam jurnal atau majalah:

Sadid, A. (2014). Model desa terpadu PAUDNI mewujudkan masyarakat pembelajar sepanjang hayat. Jurnal VISI PPTK-PAUDNI, 9 (1), 56-67.

Artikel dalam koran elektronik:

Maruli, A. (November, 2013). Pemerintah alokasikan Rp 2,40 triliun untuk paud nonformal dan informal. Antaranews.com. Diakses dari http://www.antaranews.com/berita/405210/pemerintah-alokasikanrp-240-triliun-untuk-paud-nonformal-dan-informal pada tanggal 10 Desember 2013.

Tulisan/berita dalam koran (tanpa nama pengarang):

Wanita kelas bawah lebih mandiri. (2010, 22 April). Kompas, p. 3

Dokumen resmi:

Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. (1978). Pedoman penulisan laporan penelitian. Jakarta: Depdikbud.

Undang-undang Nomor 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Jakarta: PT Armas Duta Jaya.

Buku terjemahan:

Zainu, M. (2010). Solusi pendidikan anak masa kini. (Syarif Hade, penterjemah). Jakarta: Mustaqiim

Skripsi, Tesis, Disertasi, Laporan Penelitian:

Septiani, M. (2015). Pengalaman pusat kegiatan belajar masyarakat dalam memfasilitasi masyarakat Jakarta Utara belajar sepanjang hayat: Sebuah studi fenomenologi di Jakarta Utara. Tesis tidak diterbitkan. Jakarta: PPS UNJ.

Internet (artikel dalam jurnal online):

Johns, E., & Mewhort, D. (2009). Test sequence priming in recognition memory. Journal of Experimental Psychology: Learning, Memory and Cognition, 35, 1162-1174. doi: 10.1037/a0016372