PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN SECARA DARING TERHADAP PEMAHAMAN BELAJAR MAHASISWA

  • Eka Septiani Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Luluk Setyowati Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
Keywords: Kata kunci: penyebaran virus corona, perkuliahan daring, media pembelajaran, pemahaman materi

Abstract

Maraknya penyebaran virus corona akhir-akhir ini menjadi sebuah tantangan dalam dunia pendidikan. Satu di antara tantangannya ada di Perguruan Tinggi. Tantangan yang kita hadapi adalah adanya kenyataan untuk kita tetap bisa melaksanakan perkuliahan secara daring. Akan tetapi, muncul sebuah pertanyaan apakah pelaksanaan perkuliahan secara daring ini semua materi perkuliahan yang diberikan dapat dipahami oleh mahasasiswa atau tidak? Berkaitan dengan masalah tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah media pembelajaran yang banyak digunakan selama perkuliahan daring dan bagaimana pemahaman materi yang diterima mahasiswa dengan menggunakan media pembelajaran yang selama ini mereka gunakan. Berdasar pada tujuan tersebut, peneliti menggunakan metode analisis deskriptif melalui kuesioner. Sampel yang dipilih diambil sebanyak 30 mahasiswa secara acak di Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Indraprasta PGRI. Hasil analisis didapatkan data bahwa lebih dari 50% media pembelajaran daring yang digunakan oleh mahasiswa adalah menggunakan aplikasi WhatsApp Grup. Penggunaan media pembelajaran dengan aplikasi ini dapat dikatakan mudah dipahami atau diterapkan oleh mahasiswa karena selama ini mereka lebih banyak/sering menggunakan aplikasi ini sebagai media pembelajaran.

Published
2020-08-26