PENGARUH PENGGUNAAN SUPLEMEN BELAJAR AR SINAPS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISTEM PERNAPASAN SISWA SMA

Penulis

  • Daniar Setyo Rini Biology Education, Faculty of Mathematics and Natural Science, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Eka Putri Azrai Biology Education, Faculty of Mathematics and Natural Science, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Shabrina Syifa Inayah Biology Education, Faculty of Mathematics and Natural Science, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21009/biosferjpb.37579

Kata Kunci:

Augmented Reality , Concept Understanding, Human Respiratory System

Abstrak

Tingkatan dan lingkup objek yang dipelajari pada ilmu biologi cukup banyak, abstrak dan sulit untuk diamati mata secara langsung, khususnya bagian anatomi dan fisiologi tubuh. Hal ini dapat menjadi kendala yang menyebabkan adanya miskonsepsi dan dapat memengaruhi pemahaman konsep siswa dalam mempelajari biologi, salah satunya mengenai materi sistem pernapasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh suplemen belajar berbasis Augmented Reality (AR SINAPS) terhadap pemahaman konsep sistem pernapasan siswa SMA. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari-April 2023 di SMAN 38 Jakarta kelas XI MIPA semester genap tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian quasi-experimental research. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest and posttest group experiment. Sampel pada penelitian ini dipilih secara simple random sampling sebanyak 62 siswa yakni 31 siswa kelas eksperimen (menggunakan AR SINAPS) dan 31 siswa kelas kontrol (menggunakan E-Modul). Data diperoleh menggunakan instrumen tes pemahaman konsep dengan bentuk pilihan ganda sebanyak 30 soal. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 84,84 dan kelas kontrol sebesar 79,94. Selanjutnya, nilai N-Gain kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yakni kelas eksperimen sebesar 0,69 dan kelas kontrol sebesar 0,55. Nilai persentase N-Gain keduanya berada pada kategori sedang dengan kategori efektivitas berada pada kategori tafsiran cukup efektif untuk kelas eksperimen dan kurang efektif untuk kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan suplemen belajar AR SINAPS terhadap pemahaman konsep sistem pernapasan siswa SMA.

Kata Kunci: Augmented Reality, Pemahaman Konsep, Sistem Pernapasan Manusia

Referensi

Adami, F. Z., & Budihartanti, C. (2016). Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Media Pembelajaran Sistem Pencernaan Berbasis Android. Teknik Komputer AMIK BSI, 2(1), 122–131. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jtk/article/viewFile/370/279

Aldalalah, O., Ababneh, Z. W. M., Bawaneh, A. K., & Alzubi, W. M. M. (2019). Effect of Augmented Reality and Simulation on the Achievement of Mathematics and Visual Thinking Among Students. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 14(18), 164–185. https://doi.org/10.3991/ijet.v14i18.10748

Anderson, L. W., Krathwohl Peter W Airasian, D. R., Cruikshank, K. A., Mayer, R. E., Pintrich, P. R., Raths, J., & Wittrock, M. C. (2001). A Taxonomy forLearning, Teaching, and Assessing. A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. Addison Wesley Longman, Inc. All. https://www.uky.edu/~rsand1/china2018/texts/Anderson-Krathwohl - A taxonomy for learning teaching and assessing.pdf

Dewi, S. P., & Widodo, A. (2017). Analisis Konsepsi Siswa dalam Materi Sistem Respirasi. Jurnal Pendidikan Biologi, 361–368. http://www.conference.unsri.ac.id/index.php/semnasipa/article/view/703

Hake, R. R. (2002). Relationship of individual student normalized learning gains in mechanics with gender, high-school physics, and pretest scores on Mathematics and Spatial Visualization. Physics Education Research Conference, 8(AugusT), 1–14.

Hiranyachattada, T., & Kusirirat, K. (2020). Using mobile augmented reality to enhancing Students’ conceptual understanding of physically-based rendering in 3d animation. European Journal of Science and Mathematics Education, 8(1), 1–5. https://doi.org/10.30935/scimath/9542

Ionescu, C. A., Paschia, L., Luminita, N., Nicolau, G., Stanescu, S. G., Maria, V., Stancescu, N., Coman, M. D., & Uzlau, M. C. (2020). Sustainability Analysis of the E-Learning Education System during Pandemic Period — COVID-19 in Romania. Sustainability, 12(21), 1–22. https://doi.org/https://doi.org/10.3390/su12219030

Iqbal, M. Z., Mangina, E., & Campbell, A. G. (2019). Exploring the use of augmented reality in a kinesthetic learning application integrated with an intelligent virtual embodied agent. Adjunct Proceedings of the 2019 IEEE International Symposium on Mixed and Augmented Reality, ISMAR-Adjunct 2019, October, 12–16. https://doi.org/10.1109/ISMAR-Adjunct.2019.00018

Kartika, Y. (2018). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas vii smp pada materi bentuk aljabar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(2), 777–785. https://doi.org/10.31004/jptam.v2i4.25

Khansa, A. A. (2022). Pengaruh penggunaan media pembelajaran augmented reality sistem pernapasan (AR SINAPS) dalam pembelajaran biologi terhadap hasil belajar peserta didik SMA. [skripsi]. Jakarta: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Jakarta.

Mang, C. F., & Wardley, L. J. (2013). Student Perceptions of Using Tablet Technology in Post-Secondary Classes / Perceptions des étudiants quant à l’utilisation des tablettes électroniques dans les classes universitaires. Canadian Journal of Learning and Technology / La Revue Canadienne de l’apprentissage et de La Technologie, 39(4). https://doi.org/10.21432/t22010

Mizrachi, N., Treger, I., & Melzer, I. (2020). Effects of mechanical perturbation gait training on gait and balance function in patients with stroke: A pre-post research study. Journal of Clinical Neuroscience, 78(xxxx), 301–306. https://doi.org/10.1016/j.jocn.2020.05.019

Muali, C., Setyosari, P., Purnomo, & Yuliati, L. (2020). Effects of Mobile Augmented Reality and Self-Regulated Learning on Students’ Concept Understanding. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 15(22), 218–229. https://doi.org/10.3991/ijet.v15i22.16387

Nugroho, S.A., Munzil, M., & Hamimi, E. (2021). Analisis kebutuhan pengembangan buku suplemen sistem pernapasan manusia berbasis teknologi augmented reality sebagai bahan ajar siswa SMP kelas VIII. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya, 1(2), 88–92. https://doi.org/10.17977/um067v1i2p88-92

Nurhasanah, Z., Widodo, A., & Riandi, R. (2019). Augmented reality to facilitate students’ biology mastering concepts and digital literacy. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 5(3), 481–488. https://doi.org/10.22219/jpbi.v5i3.9694

Peserta, K., Tema, D., Kelas, O., & Smp, V. (2016). PENGARUH VIRTUAL LABORATORY BERBASIS FLASH ANIMATION. 5(3), 1354–1365. https://doi.org/10.15294/usej.v5i3.13166

Puspitasari, Debi., Praherdhiono, Henry., Adi, E. P. (2020). Pengembangan Suplemen Augmented Reality Animation Pada Buku Mata Pelajaran Biologi Untuk Penguatan Kognitif Siswa SMA. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(1), 29–39. https://doi.org/10.17977/um038v3i12019p029

Rafik, A., Sandika, B., & Nurmawati, I. (2022). Development of Augmented Reality Teaching Materials Based on I-SETS Towards Understanding the Concept of Learners. The 1st Annual Conference on Islam, Education, and Humanities (ACIEH), 167–182.

Rini, D. S., Azrai, E. P., Suryanda, A., Inayah, S. S., Khansa, A. A., & Kurnianto, M. B. (2022). Augmented reality (AR) technology on the android operating system in human respiratory system: From organ to cell. Biosfer, 15(1), 25–35. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.23448

Ritonga, N., Gultom, H. S. B., & Sari, N. F. (2018). Miskonsepsi Siswa Biologi Tentang Materi Sistem Respirasi Pada Sma Negeri Se-Kabupaten Labuhanbatu. Jurnal Pelita Pendidikan, 6(1), 42–46. https://doi.org/10.24114/jpp.v6i1.9172

Sari, R. Y., & Cahyo, H. N. (2020). Effectivity of Guided Discovery Learning with Concept Mapping to improve conceptual understanding in endocrine system material for grade XI science class. Journal of Physics: Conference Series, 1440(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1440/1/012077

Sartono, N., Komala, R., & Dumayanti, H. (2018). Pengaruh Penerapan Model Reciprocal Teaching Terintegrasi Mind Mapping Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Filum Arthropoda. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 9(1), 20–27. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.9-1.4

Shatte, A., Holdsworth, J., & Lee, I. (2014). Hand-held mobile augmented reality for collaborative problem solving: A case study with sorting. Proceedings of the Annual Hawaii International Conference on System Sciences, 91–99. https://doi.org/10.1109/HICSS.2014.20

Sugiarto, A. (2021). Penggunaan Media Augmented Reality Assemblr Edu untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peredaran Darah. Madaris: Jurnal Guru Inovatif, 1(2), 1-13. https://jurnalmadaris.org/index.php/md/article/view/248/44

Taçgin, Z., Uluçay, N., & Özüağ, E. (2016). Designing and Developing an Augmented Reality Application: A Sample Of Chemistry Education. Journal of the Turkish Chemical Society Section C Chemical Education, 1(1), 147–164. https://dergipark.org.tr/en/download/article-file/327604

Tania, L., & Fadiawati, N. (2015). The development of interactivee-book based chemistry representations referred to the curriculum of 2013. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 4(2), 164–169. https://doi.org/10.15294/jpii.v4i2.4186

Thirraja, T. L., Yin, K. Y., & Zakariya, Z. B. (2023). Impact of Using E-module in Learning and Facilitation Systematic Literature Review on Impact of E-module. Journal of Pharmaceutical …, 14(02), 2557–2564. https://doi.org/10.47750/pnr.2023.14.02.313

Väljataga, T., & Fiedler, S. H. D. (2014). Going digital: Literature review on e-textbooks. Lecture Notes in Computer Science (Including Subseries Lecture Notes in Artificial Intelligence and Lecture Notes in Bioinformatics), 8523 LNCS(1), 138–148. https://doi.org/10.1007/978-3-319-07482-5_14

Widita, E. L., Prihatin, J., Mudakir, I., Sutarto, S., & Indrawati, I. (2018). Appliance of Textbook Basic on Process Image of Human Respiratory System against High School Student’s Critical thinking Ability. International Journal of Advanced Engineering Research and Science, 5(6), 191–194. https://doi.org/10.22161/ijaers.5.6.31

Diterbitkan

2024-10-31

Cara Mengutip

Rini, D. S., Azrai, E. P., & Inayah, S. S. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN SUPLEMEN BELAJAR AR SINAPS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISTEM PERNAPASAN SISWA SMA. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 17(2), 361–370. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.37579